BULAN BAHASA: Siswa SMAN 5 Karawang peraih juara dalam kegiatan bulan bahasa didampingi kepala sekolah (kelima dari kanan) dan wakasek saat foto bersama usai acara pemberian hadiah.

SMAN 5 Karawang Aktif Gelar dan Ikuti Kompetisi Virtual

KARAWANG – SMAN 5 Karawang terus aktif menggelar dan mengikuti berbagai kompetisi yang melibatkan siswa secara virtual di masa pandemi covid-19. Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya mendorong dan mengembangkan kreativitas siswa selama menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ).
Kepala SMAN 5 Karawang, Suandi, didampingi Wakasek Kesiswaan, Hary Prasetyo, mengatakan, pandemi covid-19 yang memaksa pembelajaran dilaksanakan dari rumah tidak berarti harus menghambat upaya sekolah mengembangkan potensi dan kreativitas siswa, baik di bidang akademik maupun nonakademik.
“Upaya yang bisa dilakukan misalnya dengan tetap eksis menggelar kegaitan di internal sekolah maupun mengikuti kegiatan yang diselenggarakan pihak lain baik swasta maupun pemerintah,” ujar Suandi, kepada KBE, Senin (25/1/2021).
Suandi menuturkan,sejak terjadinya pandemi pada Maret 2020, SMAN 5 Karawang telah menggelar beberapa kegiatan internal bagi siswa. Seperti lomba desain poster, baca puisi dan cover lagu dalam perayaan HUT RI pada Agustus 2020.
Kemudian, lomba menulis essay (bahasa indonesia), membaca berita (bahasa inggris), dongeng (bahas sunda), dan baca huruf Jepang (bahasa jepang) dalam kegiatan bulan bahasa yang dilaksanakan pada November 2020.
“Kami juga mendorong ekskul agar tetap eksis dengan melakukan pelantikan pengurus. Terbaru, kami melantik pengurus pramuka pada 24 Januari 2021,” ucapnya.
Selain menggelar kegiatan internal, Suandi menjelaskan, SMAN 5 Karawang aktif melibatkan siswa mengikuti berbagai kompetisi. Seperti kompetisi sains nasional (KSN) 2020 dengan mengantarkan Galang Herdhananda juara 1 mata pelajaran geografi tingkat Kabupaten Karawang.
Selanjutnya, mengantarkan siswa yang aktif di ekskul PMR meraih juara favorit lomba foto kontes dan video kreasi PMR tingkat madya dan PMR tingkat wira se-Karawang  yang digelar PMI Karawang pada September 2020.
“Kami juga akan mengirimkan siswa mengikuti beberapa lomba yang digelar SMA IT Insantama Bogor pada Februari 2021, serta beberapa kompetisi yang akan dilaksanakan di tahun ini seperti KSN, KOSN dan lainnya,” katanya.
“Mudah-mudahan dengan tetap eksis seperti ini, kreativitas siswa kami tetap berkembang dan tersalurkan. Sehingga mereka bisa terus maju dan menjadi generasi yang membanggakan,” harapnya. (ayi/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here