ABDIMAS: Dosen Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unsika, saat melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di PKBM Kaliber, Desa Kalihurip, Kecamatan Cikampek.

Lakukan Pendampingan Pengelolaan Melalui Kegiatan Abdimas

KARAWANG – Tiga dosen Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (Abdimas) di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kalihurip Berbagi (Kaliber). Mereka mendorong PKBM yang berlokasi di Desa Kalihurip, Kecamatan Cikampek lebih meningkat dalam hal pengelolaan.

Ketua Tim Abdimas, Tika Santika, didampingi anggota tim, Dadan Ahmad Fadili dan Nia Khoerniasih, mengatakan, PKBM Kaliber memiliki beberapa program yang diselenggarakan yaitu PAUD, pendidikan kesetaraan, kursus/keterampilan, kelompok belajar usaha, taman bacaan masyarakat dan website untuk pembelajaran daring.

“Pengelolaan PKBM memerlukan kemampuan profesional untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan masyarakat saat ini, sehingga mampu berperan dan berinovasi dalam memperdayakan masyarakat. Maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat menjadi penting untuk dilaksanakan melalui pendampingan pengelolaan PKBM,” ujar Tika, kepada KBE, Kamis (31/3).

Tika menyampaikan, metode pelaksanaan pendampingan pengelolaan PKBM Kaliber dilakukan melalui dua tahap. Pertama, tahap dialogis dengan pendekatan pendidikan orang dewasa.
Tahap pelaksanaan ini diawali dengan komunikasi atau melakukan dialog dengan para pengelola PKBM Kaliber di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan lingkungan. Tahap ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada seluruh pengelola bidang PKBM mengenai tujuan pendampingan pengelola PKBM.

Kedua, tahap pendampingan pengelolaan PKBM Kaliber.
Pada tahap ini difokuskan kepada pendampingan pengelolaan PKBM, meliputi program PAUD, pendidikan kesetaraan, kursus/keterampilan, kelompok belajar usaha dan taman bacaan masyarakat.

“Alhamdulillah, hasil pendampingan pengelolaan PKBM Kaliber terdapat peningkatan pengelolaan PKBM mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, pengawasan dan evaluasi,” ucapnya.

“Semoga dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah kami laksanakan pada 2021 secara daring dan tatap muka bisa benar-benar membawa kemajuan bagi PKBM Kaliber,” harapnya menambahkan. (ayi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here