SOROT: Empat SMP Negeri di Telukjambe diserbu pendaftar. Dari kanan: Suryono (kepala SMPN 1 Telukjambe Timur), Hasan Ruhyat (kepala SMPN 2 Telukjambe Barat), Nian Saepudin (kepala SMPN 2 Telukjambe Timur), dan Machfudz Alchusaeri (SMPN 1 Telukjambe Barat).

KARAWANG – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP/MTs negeri di Kabupaten Karawang diklaim berjalan lancar pada hari pertama, Senin (29/6/2020). Empat sekolah di wilayah Telukjambe langsung diserbu para pendaftar.

Keempat sekolah tersebut yaitu SMPN 1 Telukjambe Timur dan SMPN 2 Telukjambe Timur yang berlokasi di Kecamatan Telukjambe Timur, serta SMPN 1 Telukjambe Barat dan SMPN 2 Telukjambe Barat yang terletak di Kecamatan Telukjambe Barat.

“Alhamdulillah, meski sempat ada gangguan dalam pendaftaran di laman https://ppdb.disdikpora.karawangkab.go.id, PPDB hari pertama di sekolah kami lancar. Hari ini ada sebanyak 60 pendaftar,” ujar Kepala SMPN 1 Telukjambe Timur, Suryono, didampingi Ketua Panitia PPDB SMPN 1 Telukjambe Timur, Akbar Waspodo Putra, kepada KBE, Senin (29/6).

Dijelaskan Suryono, dalam PPDB tahun ini sekolahnya akan menjaring 440 siswa untuk mengisi 11 rombongan belajar (rombel). “Insyaallah kami optimistis terpenuhi. Pasalnya, dari pengalaman PPDB tahun-tahun sebelumnya sekolah kami selalu kelebihan pendaftar,” ucapnya.

Dihubungi terpisah, Kepala SMPN 2 Telukjambe Timur, Nian Saepudin, didampingi Sekretaris PPDB SMPN 2 Telukjambe Timur, Rukmini, menyebutkan, hingga pukul 12.00 WIB sekolanya telah berhasil memverifikasi data sebanyak 58 pendaftar.

“Total pendaftar sudah ada 76, dan jumlahnya masih akan terus bertambah karena PPDB hari ini (kemarin) masih kami buka hingga sore. Melihat animo pendaftar di hari pertama kami optimis 440 siswa untuk 11 rombel bisa tercapai. Apalagi kami biasanya menyisihkan hingga ratusan pendaftar saat PPDB,” ujar Nian.

Kepala SMPN 1 Telukjambe Barat, Machfudz Alchusaeri, didampingi Ketua Panitia PPDB SMPN 1 Telukjambe Barat, Devi Sri NP, dan Sekretaris PPDB, Nasam Kartawijaya, mengatakan, dalam PPDB 2020 sekolah yang dipimpinnya menyediakan kuota 240 dari 6 rombel yang disediakan.

“PPDB hari pertama sekolah kami mencatatkan kurang lebih 150 pendaftar. Dengan waktu PPDB yang masih lama hingga 7 Juli mendatang, kuota yang kami sediakan insyaallah bisa terpenuhi,” ucap Machfudz.

Sementara itu, jumlah pendaftar di SMPN 2 Telukjambe Barat terhitung paling banyak yaitu mencapai 189 orang. Antusias pendaftar yang tinggi tersebut disambut gembira Hasan Ruhyat selaku kepala sekolah.

“Seperti PPDB tahun lalu (2019) sekolah kami kembali menyediakan sepuluh rombel meski pada akhirnya hanya terpenuhi delapan rombel. Tapi melihat antusias di hari pertama, kami optimis PPDB tahun ini bisa mencapai kuota yang disediakan,” kata Hasan didampingi Ketua Panitia PPDB, Teti Nurhayati.

Seperti diketahui, PPDB SMP/MTs negeri di Karawang dibagi empat jalur yaitu zonasi (50 persen), afirmasi/keluarga ekonomi tidak mampu (20 persen), perpindahan tugas orang tua/wali, luar kabupaten, anak guru dan tendik (5 persen), dan prestasi (25 persen). PPDB digelar mulai 29 Juni hingga 7 Juli. (ayi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here