Kelas Industri Permudah Lulusan Bekerja

0

Pendaftaran Siswa Baru Mulai Februari

KARAWANG – SMK PGRI 1 Karawang menjadwalkan membuka pelaksanaan pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2021/2022 mulai Februari 2021. Sekolah yang beralamat di Jalan Parahiyangan KM 1.1, Adiarsa Barat, Karawang Barat ini optimistis bisa memenuhi target kuota 7 kelas dengan keberadaan kelas industri yang mempermudah lulusan dalam bekerja.

Kepala SMK PGRI 1 Karawang, Edi Karyadi, mengatakan, saat ini sekolah yang dipimpinnya memiliki dua kelas industri dari tiga jurusan yang tersedia. Tiga jurusan yaitu teknik permesinan (TP), teknik mekanik industri (TMI), dan teknik kendaraan ringan otomotif (TKRO).

“Kelas industri di sekolah kami adalah binaana dari PT. Inti Ganda Perdana dan PT. Gemala Kempa Daya yang merupakan perusahaan dari Astra Group. Kelas industri diisi para siswa pilihan yang sesuai dengan kriteria perusahaan, karena yang masuk kelas industri berpeluang untuk direkrut langsung oleh perusahaan pembina,” ujar Edi, kepada KBE, Rabu (13/1/2021).

Mengenai pelaksanaan PPDB, jelas Edi, SMK PGRI 1 Karawang akan melaksanakan secara online dan offline mulai tanggal 1 Februari hingga 1 Juli 2021. PPDB online bisa diakses pendaftar dengan masuk ke laman https://bit.ly/PPDB-SMKPGRI1KRW dilanjutkan dengan mengisi form yang tersedia.

Sedangkan pendaftaran offline, lanjut dia, calon peserta didik baru bisa melakukan pendaftaran langsung ke sekretariat panitia penerimaan siswa baru di SMK PGRI 1 karawang.

“Pendaftaran offline nantinya kami buka dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19,” ucapnya.

Selain kelas industri, sekolah yang terakreditasi A dan bekerjasama dengan puluhan perusahaan ini mengembangkan skill siswa melalui unit produksi yang mulai beroperasi sejak Agustus 2020.

“Unit produksi di sekolah kami fokus pembuatan baut penutup oli mobil dan pemotongan pipa silencer untuk knalpot motor. Unit produksi yang beroperasi atas kerjasama dengan salah satu perusahaan akan memberikan pengalaman langsung kepada siswa dalam bekerja,” tuturnya.

SMK PGRI 1 Karawang yang memiliki visi meningkatkan kualitas SDM untuk pembangunan nasional berakhlak terpuji terdepan dalam prestasi dan damai dalam kebersamaan, ditunjang puluhan guru yang berkompeten di bidangnya. Tak hanya itu, sekolah yang saat ini memiliki 522 siswa ini memiliki fasilitas lengkap mulai dari bengkel, lab, masjid, lapangan olahraga, ekskul, parkir, band musik, hingga free wifi. (ayi/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here