FOTO BERSAMA: Staf Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Nina Hartinjung (kedua dari kanan) dan jajaran panitia KSN yang berasal dari unsur Disdikpora Karawang saat foto bersama.

KARAWANG – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar berharap siswa Karawang bisa menembus gelaran Kompetisi Sains Nasional (KSN) Sekolah Dasar (SD) tingkat nasional yang akan digelar di Surabaya, 21-27 Juni 2020.
Hal itu disampaikan Staf Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud, Nina Hartinjung saat menghadiri KSN SD tingkat Kabupaten Karawang yang berlangsung di SDN Karawang Kulon II, Kamis (12/3).
“Siswa di Karawang sangat semangat dan antusias mengikuti KSN bidang matematika dan IPA. Semoga wakil Karawang nanti ada yang mampu menembus dan bahkan meraih prestasi di tingkat nasional,” ujar Nina, kepada KBE, kemarin (12/3).
Dijelaskan Nina, selain di Karawang, KSN SD tingkat kabupaten/kota digelar secara serentak di seluruh Indonesia.
“Jadi, hari ini (kemarin) ada 514 kabupaten/kota yang yang menggelar KSN SD. Nantinya, untuk tingkat provinsi akan bergulir pada 7-8 April mendatang,” ucapnya.
180 Peserta
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang, Asep Junaedi, melalui Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar, Yani Heryani, didampingi Kasi Kurikulum, Kesiswaan, dan Ketenagaan, Mulyana Surya Atmaja mengatakan, KSN SD tahun ini diikuti sebanyak 180 siswa dari 30 Kecamatan se-Karawang.
Mereka, lanjut Yani, merupakan siswa kelas empat (IV) dan lima (V) dengan usia maksiaml 13 tahun pada 31 Juli 2020. Setiap kecamatan diwakili 3 siswa peraih juara satu sampai tiga bidang matematika, dan 3 siswa peraih juara satu sampai tiga bidang IPA.
“Nantinya peraih juara satu sampai tiga masing-masing bidang, baik matematika maupun IPA berhak mewakili Karawang ke tingkat Provinsi Jawa Barat,” jelas Yani.
Di tingkat provinsi, tegas Yani, Karawang menargetkan bisa menempati tiga besar di setiap bidang yang merupakan tiket menuju tingkat nasional.
“Untuk merealisasikan semua itu, kami akan langsung melakukan pembinaan kepada seluruh siswa yang meraih tiket tingkat provinsi,” katanya. (ayi/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here