KARAWANG – Sejumlah orang tua siswa di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pucung 3 Kotabaru mendadak dikumpulkan di ruangan sekolah untuk pembahasan adanya praktik jual beli Lembar Kerja Siswa (LKS) yang kerap terjadi di sekolah.

Kepala SDN Pucung 3 Kotabaru, Iwa Hirana sengaja mengundang seluruh orang tua siswa untuk mengusut adanya praktik jual beli LKS yang mengatasnamakan sekolah.

Bukan tanpa sebab. Ia merasa, tidak pernah melakukan maupun mengintruksikan kepada orangtua siswa terkait pembelian LKS. Kepala sekolah yang menjabat sebagai Ketua PGRI Kotabaru ini juga melakukan langkah penegasan terhadap oknum yang sudah menjual namanya dan nama sekolah.

“Saya merasa tidak menyuruh maupun menguntruksikan kepada siswa ataupun orangtua siswa, jikapun ada pihak guru yang bersangkutan akan saya berhentikan jika honorer, bagi guru PNS akan saya mutasikan,” tegasnya saat ditemui di sekolahnya siang kemarin.

Bagi dia adapun untuk pembelajran yang dugunakan merupakan buku BSE yang sudah ada. Namun justru yang terjadi di lapangan ramai tentang LKS. ” Sudah dijelaskan dan diintisarikan bahwa untuk KBM di lingkungan sekolah menggunakan buku BSE. Lalu uku LKS tidak dihimbau bahkan di wajibkan baik olek Kepala Sekolah maupun guru,” terangnya.

Ia melanjutkan, kalau pun saat di lapangan beredar adanya praktik jual-beli LKS itu merupakan kebutuhan siswa yang memang orang tuanya mengagap perlu untuk bahan ajar anaknya di rumah masing-masing. Sebab buku sumber ajar yang diberikan tidak boleh dicoret-coret dan harus dijaga.

 “Jikapun ada mungkin itu diluar tanggungjawab sekolah, yang jelas saya tidak pernah mengintruksikan,” ungkapnya.

Sementara Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang, Yani Heriyani mengaku bahwa sudah melakukan pemanggilan terhadap beberapa kepala sekolah terkait persoalan jual-beli LKS.

 “Sudah kita panggil dan saya minta harus diselesaikan dan tidak boleh dilakukan kembali, jikapun sekolah tidak melakukan namun tetap saja ada yang mengatasnamakan komite maupun paguyuban dan itu jelas tidak boleh,” terangnya. (oib/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here