BECEK: Kepala SDN Cikalong 2, Rohamah Liatin saat menunjukkan halaman sekolah yang becek. Selain halaman becek, sekolah yang berlokasi di Kecamatan Cilamaya Wetan ini tidak memiliki toilet hingga kekurangan ruang kegiatan belajar.

Tak Ada Toilet, Halaman Becek, hingga Kekurangan Ruang Kelas

KARAWANG – Kondisi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cikalong 2 yang berlokasi di Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang sangat memprihatinkan. Selain halaman becek dan sering kebanjiran, sekolah ini tidak memiliki toilet hingga kekurangan ruang kegiatan belajar, bahkan tiga ruangan belajarnya sudah rusak dari atap, tembok dan lantainya.

“Banyak sekali fasilitas yang kurang memadai,” keluh Kepala SDN Cikalong 2, Rohamah Liatin ketika ditemui KBE, Selasa (11/1/2022).

Kondisi fasilitas yang kurang memadai, kata Rohamah, berdampak pada terganggunya kegiatan di sekolah. Misalanya, kondisi halaman sekolah yang becek bahkan ketika curah hujan tinggi sering mengalami kebanjiran, menjadikan SDN Cikalong 2 jarang melakukan upacara ketika musim hujan tiba.

“Halaman becek membuat anak-anak kurang nyaman saat bermain, untuk upacara pun tidak memungkinkan,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Rohamah, dengan tidak adanya toilet yang merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi warga sekolah, terpaksa mengharuskan anak-anak maupun guru harus ke luar lingkungan sekolah untuk meminjam toilet warga di sekitar sekolah.

“Kami sangat membutuhkan WC untuk kebutuhan sanitasi anak-anak dan guru,” ujarnya.

Rohamah menambahkan, kondisi memprihatinkan kian diperparah karena SDN Cikalong 2 kekurangan ruangan kegiatan belajar dengan tiga ruangan yang mulai rusak. Bahkan sekolahnya pun tidak memiliki pagar yang kokoh melainkan hanya pagar dari bambu saja.

“Pemagaran diperlukan juga agar kesannya tidak kumuh. Kami berharap segera dilakukan perbaikan kepada dinas terkait. Fasilitas yang bagus akan menunjang proses pembelajaran” katanya. (cr1/ayi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here