DIGITAL LIBRARY: Tim perpustakaan MTsN 2 Karawang saat mengikuti pelatihan dalam rangka penguatan perpustakaan digital.

MTsN 2 Genjot Kompetensi Para Pustakawan

KARAWANG – Perpustakaan digital Madrsah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Karawang terus eksis memberikan pelayanan kepada pemustaka di lingkungan madrsah. Untuk meningkatkan pelayanan, madrsah yang beralamat di Kecamatan Jatisari ini aktif menggenjot kompetensi para pustakawan yang dimiliki melalui kegiatan pelatihan.

Kepala MTsN 2 Karawang, Suparwoto, mengatakan, perkembangan teknologi yang terus meningkat harus mampu diikuti dan dimaksimalkan dalam berbagai bidang, tak terkecuali dunia pendidikan. Oleh karena itu, MTsN 2 mencoba mengikuti perkembangan zaman dengan mengoperasikan perpustakaan digital.

Perkembangan teknologi perpustakaan, lanjut Suparwoto, dilatarbelakangi oleh kebutuhan informasi yang cepat dengan tujuan memberikan pelayanan yang optimal kepada pemustaka. Perkembangan tersebut didukung dengan adanya teknologi perangkat lunak (software) berbasis Open Source. Salah satu Open Source Software (OSS) yang banyak digunakan adalah Senayan Library Management System (SLIMS), di antaranya SLIMS 8 Akasia.

“MTsN 2 Karawang telah menggunakan aplikasi SLIMS 8 Akasia sejak Juli 2018. Alhamdulillah perpustakaan digital milik kami terus berjalan hingga sekarang,” ujar Suparwoto, kepada KBE, Rabu (28/4/2021).

Suparwoto menegaskan, perpustakaan memainkan peran penting dalam mewujudkan sumber daya manusia yang unggul, mandiri, dan berdaya saing di tingkat global.

“Maka dari itu, keberadaan perpustakaan digital ini kami harapkan mampu memenuhi kebutuhan para pemustaka, terlebih di masa pandemi covid-19 seperti saat ini,” harapnya.

Kepala Perpustakaan MTsN 2 Karawang, Dewi Wardamayanah menambahkan, kualitas peningkatan layanan tentunya harus bersamaan dengan peningkatan kompetensi para pustakawan, khususnya dalam meningkatkan keterampilan dan wawasan dalam mengaplikasikan SLIMS 8 Akasia.

“Untuk itu, kami menyelenggarakan pelatihan penguatan digital library yang telah dilaksanakan pada awal April. Kegiatan diikuti tiga orang peserta yang merupakan tim perpustakaan MTsN 2 Karawang dengan narasumber Pak Taufik Luthfi yang merupakan Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAI DR KHEZ Muttaqien Purwakarta,” jelasnya.

“Mengenai materi yang disampaikan dalam pelatihan adalah proses import data buku ke aplikasi SLIMS 8 Akasia, proses import data anggota pada aplikasi SLIMS 8 Akasia, membuat pelaporan, dan management aplikasi digital library,” katanya. (ayi/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here