Pondok Pesantren Sumber Barokah Karawang menggelar upacara Hari Santri Nasional (HSN) Kamis (22/10/20). Upacara tersebut mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”.

Ponpes Sumber Barokah Gelar Upacara HSN 2020

KARAWANG – Pondok Pesantren Sumber Barokah Karawang menggelar upacara Hari Santri Nasional (HSN) Kamis (22/10/2020). Upacara tersebut mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”.
Berbeda dengan tahun sebelumnya, upacara tahun ini hanya diikuti puluhan santri putra dan putri dan didampingi Pimpinan Pondok serta pengurus Pondok Pesantren Sumber Barokah, mengingat masih dalam pandemi covid-19, maka upacara dilakukan terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
Upacara dipimpin langsung Pimpinan Pondok Pesantren Sumber Barokah, Ir. H. Mustaghfirin. Dalam sambutannya, ia menyatakan untuk peringatan hari santri tahun ini secara khusus mengusung tema “santri sehat indonesia kuat”.
“Di mana isu kesehatan diangkat berdasar fakta bahwa dunia internasional, tak terkecuali Indonesia, saat ini tengah dilanda pandemi covid-19,” tuturnya kepada wartawan.
Diungkapkannya, peringatan Hari Santri 2020 seluruh pelaksanaannya mengedepankan prinsip-prinsip kesederhanaan dan kekhidmatan dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan dalam rangka pengendalian dan pencegahan Covid-19.
“Terima kasih kepada seluruh santri yang telah berperan dan berkontribusi kepada umat, bangsa dan negara. Peringatan hari santri dilaksanakan dengan berbagai kegiatan. Kita semua berikhtiar agar pandemi segera berlalu. keluarga besar pesantren, santri dan masyarakat Indonesia dan warga dunia bisa melewati pandemi ini dengan baik,” terangnya.

Sementara itu, menanggapi klaster ponpes penyebaran covid-19 di Kabupaten Karawang, ditegaskan Pimpinan Ponpes menyatakan, jika hingga hari ini seluruh santri di Ponpes Sumber Barokah tidak ada yang terkonfirmasi positif covid-19.

“Alhamdulillah hingga hari ini para santri tidak ada yang terkonfirmasi positif covid-19. Protokol kesehatan yang kami terapkan benar benar dilaksanakan sepenuh hati, sehingga penerapan protokol kesehatan tersebut dijadikan suatu kebiasaan baru yang mana menjadi kewajiban setiap santri dan pengurus Ponpes,” ungkapnya.

Koordinasi dengan pihak kecamatan dan gugus tugas juga terjalin dengan baik, sebagai bentuk kepatuhan Ponpes Sumber Barokah akan penanggulangan penyebaran covid-19 di lingkungan pondok pesantren.

“Pada bulan Mei 2020, pondok kami disurvei oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan, dari hasil survey tersebut menyatakan Pondok Pesantren bisa kembali beraktivitas kembali sehingga secara bertahap kami mulai mendatangkan beberapa santri dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (bbs/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here