PERHOTELAN: Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Sejahtera siap melahirkan tenaga kerja terampil untuk disalurkan ke dunia perhotelan dengan membuka balai pendidikan dan pelatihan perhotelan bagi para lulusan SMA,SMK,dan Paket C.

KARAWANG – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Sejahtera tak hanya fokus mencerdaskan kehidupan bangsa melalui program pendidikan kesetaraan seperti Paket B (setara SMP) dan Paket C (setara SMA), PKBM yang berlokasi di Dusun Sukadana, Desa Pinayungan, Telukjambe Timur, kini bersiap melahirkan tenaga kerja terampil untuk disalurkan ke dunia perhotelan.
Ketua PKBM Bina Sejahtera, Edi Yusup mengatakan, guna mewujudkan komitmen tersebut, kini pihaknya telah membuka balai pendidikan dan pelatihan perhotelan bagi para lulusan SMA,SMK,dan Paket C.
“Jadi insyallah, selain PKBM, mulai tahun ini kami juga akan fokus menjalankan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Bina Sejahtera untuk bidang perhotelan,” ujar Edi, kepada KBE, Senin (23/3/2020).
Untuk angkatan pertama, jelas Edi, akan disediakan tiga program keahlian yaitu food and beverage (pelayanan dan penyediaan menu yang baik untuk tamu), prepare room (menata dan merapikan kamar tamu), dan table set up (standar menata meja tamu dengan baik dan benar).
“Mudah-mudahan ke depannya bisa lebih banyak lagi program keahlian yang kami sediakan, tentunya dengan ditunjang infrastruktur yang memadai,” ucapnya.
Pasalnya, lanjut dia, saat ini PKBM Bina Sejahtera hanya memiliki satu ruangan untuk menampung 50 pendaftar.
“Hingga saat ini sudah ada sebanyak 40 pendaftar. Rencanaya proses pendaftaran akan kami buka hingga akhir April dan peresmian pada Mei. Nantinya anak-anak akan mengikuti pembelajaran teori selama tiga bulan, dilanjutkan praktek magang tiga bulan. Para pengajarnya merupakan HRD yang berasal dari hotel hotel yang ada di Karawang,” jelasnya.
Edi menambahkan, selain mendapatkan sertifikat, seluruh lulusan akan disalurkan ke hotel, apartemen, restoran, hingga kapal pesiar.
“Semoga hadirnya balai pendidikan dan pelatihan perhotelan yang kami bina bisa menjembatani lulusan formal maupun nonformal untuk memiliki kemampuan khususnya terkait perhotelan. Sehingga masyarakat lokal Karawang mampu bersaing untuk mengisi lowongan pekerjaan yang ada di seluruh hotel yang ada di Karawang,” katanya. (ayi/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here