Unsika Gelar KKN Tematik Integratif 2021

0

Fokus Dorong Masyarakat untuk Bangkit dan Ciptakan Keberdayaan

KARAWANG – Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) kembali melaksanakan program tahunan wajib yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa. Program tersebut adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun akademik 2021/2022 yang telah dibuka Rektor Unsika secara virtual melalui platform daring Zoom dan kanal YouTube LPPM Unsika pada Selasa (7/9/2021).

KKN Unsika TA 2021/2022 ini merupakan tematik-integratif, yang mana konsep dan pelaksanaannya terintegrasi pada dua dharma perguruan tinggi yaitu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui kolaborasi dosen, mahasiswa, dan stakeholder sebagai mitra. Hal ini juga dipertegas melalui tema KKN Tematik-Integratif Unsika TA 2021/2022 yaitu “Mengabdi Bersama Agar Bangkit dan Berdaya” dan kegiatan ini memiliki tagline “Satu Saling Terhubung”.

Ketua LPPM Unsika, Mimin Maryati, dalam laporannya menjelaskan, tema tersebut merupakan tindak lanjut dari program tahun lalu yang bertujuan meningkatkan resiliensi masyarakat. Maka KKN Tematik-Integratif tahun ini dimaksudkan untuk mendorong masyarakat agar bangkit dan menciptakan keberdayaan melalui berbagai hasil/produk penelitian dosen yang diimplementasikan bersama para mahasiswa peserta KKN dan stakeholder sesuai dengan analisis situasinya.

“Mahasiswa yang menjadi peserta pada kegiatan KKN tahun ini berjumlah 3.522 mahasiswa aktif Unsika angkatan 2018 dengan 193 dosen pembimbing lapangan (DPL). Kegiatan KKN ini masih melakukan metode seperti tahun sebelumnya yaitu daring,” ujar Mimin.

Rektor Unsika, Prof Sri Mulyani mengatakan, KKN merupakan kegiatan yang paling ditunggu oleh setiap mahasiswa karena menjadi ajang kontribusi mahasiswa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat yang dikoordinasi oleh para DPL. Sri juga mengungkapkan, kegiatan KKN Unsika tahun ini sudah bekerja sama dengan 37 Mitra yang tersebar di Kabupaten Karawang dan sekitarnya.

Lebih lanjut, Rektor Unsika memberikan arahan kepada para mahasiswa peserta KKN untuk dapat berkreasi, berinovasi, berkontribusi, dengan mengeksplor kemampuan masing-masing peserta baik dari ilmu yang sudah diperoleh selama kuliah maupun di luar itu, serta relevan dengan 17 aspek utama dari program SDGS dan 6 karakter MBKM.

Kegiatan KKN Unsika akan dilaksanakan selama 3 bulan terhitung sejak September-Desember tahun 2021. Adapun bidang yang menjadi garapan dalam kegiatan KKN tahun ini yaitu terdiri dari pendidikan dan sosial humaniora, teknologi informasi dan komunikasi, pangan dan pertanian, kesehatan dan obat, dan kebencanaan yang sesuai dengan peta jalan (roadmap) penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Unsika 2020-2024.

“Meski dilaksanakan tidak secara langsung terjun ke masyarakat, diharapakan mahasiswa dapat mengabdi dengan berkontribusi kepada masyarakat melalui ide dan karya nyata sesuai keilmuan mahasiswa, yang dapat dimanfaatkan mitra untuk bangkit dan memiliki keberdayaan di tengah masa pandemi Covid-19 yang tentunya dapat dengan mudah terwujud atas bantuan bimbingan dosen pendamping lapangan KKN” papar Koordinator Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, Abdul Yusuf.

Acara pembukaan dan peresmian kegiatan KKN TA 2021/202 diramaikan dengan beberapa lagu yang disuguhkan oleh talenta-talenta hebat dari tim Paguyuban Seni Rakyat Unsika (Parasika) yang dipimpin oleh Indah Purnama Dewi. (rls/wyd/ayi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here