Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) baru saja melaksanakan Penerimaan dan Pelantikan Mahasiswa Baru (PPKMB) Tahun Akademik 2021/2022, senin (6/9/2021).

KARAWANG- Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) baru saja melaksanakan Penerimaan dan Pelantikan Mahasiswa Baru (PPKMB) Tahun Akademik 2021/2022, senin (6/9/2021) di Ballroom Hotel Resinda Karawang.
Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, kegiatan PPKMB Unsika 2021 ini, dihadiri oleh jajaran Senat Unsika, perwakilan Ormawa dan 9 orang mahasiswa baru sebagai perwakilan dari setiap fakultas.
Ketua Pelaksana PPKMB Unsika 2021, Muhammad Reza Pahlevi mengatakan, kegiatan ini digelar dengan gabungan tatap muka dan virtual. Selain peserta yang hadir di Ballroom Hotel Resinda Karawang, mahasiswa baru lainnya hadir dalam virtual conference melalui platform aplikasi zoom dan live Youtube. 
Kata Reza, pelaksanaan PKKMB ini akan dilaksanakan selama 4 hari berturut-turut. Yaitu mulai dari tanggal 6 September 2021 hingga 9 September 2021.Namun secara teknis, PKKMB akan dilaksanakan selama dua hari di tingkat universitas dan dua hari selanjutnya di tingkat fakultas.

Sementara, sambung Reza, tema pada kegiatan PKKMB 2021 yakni “Menjadi Titik Tolak Pembinaan Idealisme, Penguatan Rasa Cinta Tanah Air dan Kepedulian terhadap  Lingkungan dalam Rangka Menciptakan Generasi yang Berkarakter, Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, dan Berintegritas”.

“Tujuan pelaksanaan PKKMB 2021 adalah mempersiapkan para mahasiswa baru Unsika untuk melewati proses transisi, menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri. Selain itu, PPKMB 2021 diharapkan dapat mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru serta memberikan bekal untuk keberhasilan menempuh Pendidikan Tinggi,” ujarnya. 

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidak Akademik, Dr. Kusrin, M.Pd. menyampaikan, berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Singaperbangsa Karawang No.484/UN64/KBB/2021 Tentang Penetapan Mahasiswa Baru 2021/2021. Jumlah mahasiswa tahun akademik 2021/2022 sebanyak 3.252 mahasiswa, yang terdiri dari 63 mahasiswa Program Magister, 3.166 mahasiswa Program Sarjana, dan 23 Mahasiswa Program Diploma. Pelantikan mahasiswa baru dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Singaperbangsa Karawang Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., CA.

“Peserta dalam PKKMB terdiri mahasiswa dari jalur SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan Mahasiswa Asing dengan jumlah total peserta 3.252 mahasiswa,” paparnya. 

Selain dihadiri civitas akademik Unsika, kegiatan ini juga dihadiri Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim  secara virtual. Pada kesempatan ini, Mendikbud Ristek juga mengajak mahasiswa Unsika untuk terus mengembangkan kreatifitas melalui minat dan bakat yang dimiliki. Dan mengikuti beragam kegiatan di kampus merdeka.
 
“Mahasiswa dapat mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di Kampus Merdeka, misalnya magang di perusahaan, studi independen, proyek kemanusiaan, merancang dan merintis wirausaha, serta pertukaran mahasiswa di dalam dan di luar negeri,” ujarnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Unsika Prof. Dr. Sri Mulyani mengucapkan terima kasih kepada civitas dan seluruh pihak yang terlibat yang mendukung kegiatan Unsika,  terutama yang kegiatan PKKMB tingkat universitas ini. 

Pada kesempatan itu, Prof Sri Mulyani mengajak mahasiswanya agar dapat melaksanakan kegiatan positif, kreatif, dan inovatif melalui program merdeka belajar.
“Dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara maju dan berakhlak kuncinya yaitu pada generasi muda. Sesuai dengan ungkapan dari Ir. Soekarno yaitu beri aku 10 pemuda niscaya akan ku guncang dunia,” (wyd/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here