Salurkan Lulusan Bekerja di Tengah Pandemi

0

KARAWANG – SMK PGRI 2 Karawang terus eksis membantu lulusannya mendapatkan pekerjaan di tengah pandemi covid-19. Melalui Bursa Kerja Khusus (BKK) yang dimiliki, sekolah yang beralamat di Jalan Pangkal Perjuangan/By Pass Paracis, Tanjungpura ini mampu menyalurkan puluhan alumninya ke berbagai perusahaan.
“Alhamdulillah, melalui BKK SMK PGRI 2 Karawang, kurang lebih ada 50 lulusan sekolah kami yang telah bekerja setelah diberlakukannya adaptasi kebiasaan baru (AKB),” ujar Kepala SMK PGRI 2 Karawang, Endang Rohmat, melalui Wakasek Kurikulum, Ali Amran, kepada KBE, baru-baru ini.
Menurut Ali, semangat membantu para alumni agar tetap mudah mendapat pekerjaan meski sedang terjadi pandemi, membuat BKK SMK PGRI 2 Karawang terus aktif berkomunikasi dengan berbagai perusahaan.
“Selain alumni, BKK kami juga terbuka untuk masyarakat luar yang ingin bekerja. Kendati mengalami penurunan di banding sebelum adanya pandemi, total saat ini ada sekitar 200 pencari kerja (alumni dan masyarakat) yang berhasil kami salurkan,” jelasnya.

Mengenai perusahaan yang menjadi tempat bekerja para alumni dan masyarakat, Ali menjelaskan tak hanya puluhan perusahaan lokal yang ada di Karawang dan Bekasi, tapi hingga ke luar negeri seperti Malaysia, Korea, Jepang dan Jerman.

“Saat ini telah ada 12 pencari kerja yang lulus tes awal untuk magang di Korea, dan tujuh orang yang lulus tes awal untuk magang di Jepang. Mereka hanya tinggal mengikuti tes lanjutan saja. Semoga mereka bisa lulus semua,” ucapnya.

Dihubungi terpisah, staf BKK SMK PGRI 2 Karawang yang diisi Rafika Melati, Deva Wulandari, Ayang Peni Padilah, Indah Dhea Rizky, dan Kartika Shalehah, mengatakan, BKK SMK PGRI 2 Karawang beroperasi setiap Senin hingga Sabtu mulai pukul 07.00 hingga pukul 16.00 WIB.

“Khusus saat pandemi seperti ini BKK buka Senin hingga Jumat. Kecuali ada jadwal tes pada Sabtu, maka Sabtu juga buka,” terang Peni.

Untuk bisa mengikuti tes melalui BKK SMK PGRI 2 Karawang, Kartika ikut menuturkan, para pencari kerja harus terlebih dulu menjadi member dengan daftar langsung ke BKK.

“Kartu member yang dimiliki akan berlaku untuk enam bulan. Dengan memiliki kartu member tersebut pencari kerja boleh mengikuti tes yang digelar oleh perusahaan yang telah bekerjasama dengan BKK kami. Selain datang langsung ke BKK, untuk mengetahui jadwal tes, para pencari kerja juga bisa membuka website BKK kami yaitu bkk-smkpgri2karawang.com,” jelasnya.

Lebih lanjut, mereka berharap, BKK SMK PGRI 2 Karawang makin maju dengan terus bertambahnya PT yang bekerjasama.

“Semoga BKK ini bisa terus memberikan manfaat dengan banyaknya teman- teman yang terus tersalurkan untuk bekerja di masa adaptasi kebiasaan baru ini. Kami sebagai bagian dari BKK ini merasa bahagia jika bisa membantu banyak orang untuk bisa bekerja,” pungkas staf BKK SMK PGRI 2 Karawang, kompak. (ayi/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here