KOMPETISI GURU NASIONAL: Dewan juri saat melakukan penilaian dalam kegiatan lomba Kompetensi Guru Nasional yang digelar secara virtual di SDN Nagasari VI, Kamis (1/4/2021).

Dalam KGN, Calistung, Sispres, Gupres dan Kepres Tingkat Kabupaten Karawang

KARAWANG – Sebanyak 210 peserta yang terdiri dari siswa, guru dan kepala sekolah jenjang sekolah dasar (SD) beradu kepintaran dalam KGN (Kompetisi Guru Nasional), Calistung (Membaca, Menulis, dan Berhitung), Siswa Berprestasi, Guru Berprestasi dan Kepala Sekolah Berprestasi tingkat Kabupaten Karawang yang digelar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang melalui Bidang Pendidikan SD, 1-8 April 2021.

Kepala Bidang Pendidikan SD, Yani Heryani, didampingi Kasi Kurikulum Kesiswaan dan Ketenagaan, Mulyana Surya Atmaja (Musa), mengatakan, jumlah peserta merupakan perwakilan dari 30 Korwilcambidik (Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan) yang ada di Karawang. Yang mana setiap Korwilcambidik diwakili masing-masing 7 peserta (1 kepala sekolah, 2 guru, dan 4 siswa).

“Shubungan covid-19 masih belum berakhir dan khususnya Kabupaten Karawang masih dalam pengawasan Tim Covid-19 Pusat dalam hal penyebaran covid-19 mutan B.117, maka pelaksanaan kegiatan seluruh lomba digelar secara virtual,” ujar Yani, kepada KBE, Sabtu (3/4).

Dijelaskan Yani, KGN menjadi jenis lomba yang dilaksanakan paling awal yakni 1 dan 3 April. Kemudian dilanjutkan Calistung Kelas 1, 2 dan 3 pada 5 April, Siswa Berprestasi (6 April), Guru Berprestasi (7 April) dan terakhir Kepala Sekolah Berprestasi pada 8 April.

“Alhamdulillah untuk KGN sudah selesai digelar. Peserta asal Korwilcambidik Pakisjaya menjadi juara pertama, perwakilan Cilebar meraih juara kedua dan perwakilan Ciampel di peringkat ketiga,” jelasnya.

Yani menambahkan, khusus kelima jenis lomba yang digelar tersebut tidak ada kelanjutan ke tingkat yang lebih tinggi. Dalam artian kompetisi berakhir di tingkat Kabupaten Karawang.

“Setelah lebaran kami juga akan menggelar lomba yang dipastikan ada kelanjutannya ke tingkat Provinsi Jawa Barat yaitu KSN (Kompetisi Sains Nasional) dan FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional). Selain itu ada juga KOSN (Kompetisi Olahraga Siswa Nasional) yang digelar Bidang Pemuda dan Olahraga,” ucapnya.

“Insyaallah untuk hadiah bagi para juara KGN, Calistung, Siawa Berprestasi, Guru Berprestasi, dan Kepala Sekolah Berprestasi rencananya akan diberikan pada 2 Mei mendatang bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. Semoga kegiatan lomba bisa berjalan lancar hingga hari terakhir, dan harapan kami adanya lomba ini bisa mewadahi dan melahirkan siswa-siswi berprestasi kendati selama kurang lebih setahun pelaksanaan pembelajaran dilakukan dari rumah atau jarak jauh,” katanya menambahkan. (ayi/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here