PRESTASI DALANG: Akmal Nurwenda saat tampil sebagai dalang. Siswa SMKN 1 Karawang ini menyabet prestasi sebagai dalang muda terbaik dalam Festival Dalang Bocah dan Dalang Muda Tingkat Nasional 2020 yang digelar Pepadi Pusat.

Jadi Dalang Muda Terbaik dalam Festival Dalang Bocah dan Dalang Muda 2020

KARAWANG – Siswa SMKN 1 Karawang, Akmal Nurwenda mampu membuat bangga masyarakat Kabupaten Karawang. Remaja kelas XI jurusan teknik pemesinan ini berhasil mengukir prestasi di level nasional dengan meraih predikat dalang muda terbaik dalam Festival Dalang Bocah dan Dalang Muda Tingkat Nasional 2020.

Dalam festival yang digelar oleh Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Pusat secara virtual pada 7-16 November 2020, Akmal unggul atas puluhan dalang muda lainnya perwakilan dari berbagai provinsi se-Indonesia.

“Kami dari keluarga besar SMKN 1 Karawang sangat bangga atas prestasi yang diraih Akmal. Ini membuktikan pandemi covid-19 bukan halangan meraih prestasi. Di mana pun dan dalam kondisi apa pun peluang berprestasi tetap ada asalkan memiliki keinginan dan semangat untuk menjadi yang terbaik,” ujar Kepala SMKN 1 Karawang, Makmur, didampingi Wakasek Kesiswaan, Alia Maedina, kepada KBE, Rabu (25/11/2020).

Makmur berharap, prestasi yang diraih Akmal bisa memotivasi siswa lainnya serta menjadi modal bagi Akmal untuk mewujudkan cita-citanya menjadi dalang hebat di Indonesia.

“Semoga bisa terus berlanjut. Kami dari keluarga besar SMKN 1 Karawang akan selalu mendukung apalagi yang digeluti Akmal ini merupakan salah satu budaya Indonesia yang telah diakui dunia. Kami sangat mengapresiasi semangat Akmal dalam berkreasi dan melestarikan budaya Indonesia, karena tidak begitu banyak anak muda yang mau dan bercita-cita menjadi seorang dalang,” katanya.

Dihubungi terpisah, Akmal mengaku senang bisa meraih prestasi tersebut. Ditegaskan remaja kelahiran Karawang 27 Januari 2004 ini, semua itu bisa diraih tak lepas dari dukungan dan doa yang begitu besar dari keluarga, sekolah, dan Pepadi Karawang.

“Karena itu prestasi ini saya persembahkan untuk kedua orang tua, keluarga besar SMKN 1 Karawang, Pepadi Karawang dan tentunya masyarakat Kabupaten Karawang,” ucap Akmal yang mengenal wayang sejak usia 2 tahun dan mulai mendalang sejak 2016 ini. (ayi/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here