MPLS DARING: SMPN 1 Karawang Barat menggelar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) daring bagi siswa baru tahun pelajaran 2020-2021 mulai Rabu (15/7).

Terkendala Fasilitas Bisa Berkelompok

KARAWANG – SMPN 1 Karawang Barat menggelar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru tahun pelajaran 2020-2021. MPLS yang dilaksanakan secara daring diikuti 480 siswa mulai Rabu (15/7).

Kepala SMPN 1 Karawang Barat, Acam Suhendra, didampingi Wakasek Kesiswaan, Thalib Hadiwijaya, dan Wakasek Kurikulum, Mamay Abdullah, mengatakan, MPLS akan berlangsung selama tiga hari hingga Jumat (17/7).

“Adanya pandemi covid-19 membuat kegiatan MPLS di Karawang tahun ini dilaksanakan dengan cara daring, termasuk di SMPN 1 Karawang Barat,” ujar Acam, saat ditemui KBE saat mengisi kegiatan MPLS, Rabu (15/7).

Menurut Acam, kendati digelar daring siswa baru dipastikan tetap mengenal lingkungan yang ada di sekolah. Mulai dari kegiatan ekskul hingga fasilitas sekolah seperti ruang kepala sekolah, guru, perpustakaan, tata usaha, kelas, sarana olahraga dan lainnya.

“Jadi bukan hanya komunikasi saja, tapi sarana prasarana dan berbagai kegiatan diperkenalkan lewat daring ini,” jelasnya.

Acam juga memastikan, seluruh siswa baru yang masuk di SMPN 1 Karawang Barat bisa mengikuti kegiatan MPLS. Pasalnya, anak yang tidak punya sarana seperti HP Android, kuota, bahkan gangguan jaringan sudah diberikan solusi agar tetap bisa mengikuti MPLS.

“Kami sudah sampaikan dalam rapat orang tua siswa bahwa siswa yang terkendala sarana bisa bergabung dengan temannya yang terdekat dengan kuota maksimal lima orang agar tidak terjadi kerumunan,” ucapnya.

Lebih lanjut Acam menjelaskan, dalam MPLS hari pertama, siswa baru akan mendapatkan materi mengenai kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi tentang membangun peserta didik yang berkarakter, tata upacara bendera, wawasan wiyata mandala, pengenalan dewan guru, pengenalan lingkungan sekolah, tata tertib siswa /sekolah, pengenalan pengurus OSIS dan ekstrakurikuler, pengenalan kelas 7 A, B, C dan D.

Kemudian, pada hari kedua disajikan mengenai pengenalan kurikulum 2013, tata krama pembelajaran online, keluarga sadar hukum, tata tertib berlalu lintas, kesadaran berbangsa dan bernegara, sekolah ramah anak, orientasi BK, pengenalan mentoring dan pengenalan kelas 7 E, F, G dan H.

“Hari ketiga akan diberikan budaya literasi, kewirausahaan, budaya bersih dan sehat (protokol kesehatan pandemi covid-19) dan perkenalan kelas 7 I, J, K dan L. Semoga berjalan lancar,” katanya. (ayi/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here