Tingkatkan Kualitas Pelatih Renang

0

KARAWANG – Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Karawang aktif meningkatkan kualitas pelatih renang di Kabupaten Karawang dan sekitarnya. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu menggelar lisensi kepelatihan dasar (lisensi D).
Berlokasi di Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA), 13-15 Maret 2020, tahun ini PRSI Karawang kembali menggelar lisensi kepelatihan dasar yang telah menjadi agenda rutin sejak 2017.
Ketua Harian PRSI Karawang, Ruslan Abdul Gani mengatakan, kegiatan yang terselenggara atas kerja sama PRSI dengan KONI Karawang dan FKIP UNSIKA diikuti 74 peserta.
“Mereka berasal dari Karawang, Depok, Palu, Bekasi, Jakarta dan Yogyakarta,” ujar Ruslan Abdul Gani, didampingi Ketua Panitia, Ade Kamaludin, kepada KBE, Minggu (15/3).
Dijelaskan Ruslan, selain diberikan teori, para peserta mendapatkan materi praktek yang diberikan beberapa pemateri baik dari PRSI Karawang, Pengprov PRSI Jawa Barat maupun pelatih fisik nasional.
“Untuk teori berlangsung di Aula FKIP selama dua hari (13 dan 14 Maret). Sedangkan praktek di Kolam Renang PD Prakasa. Pematerinya yaitu Pak Sigit Sutiono, Pak Teguh Hartono, Pak Kelana Sukma Jatnika, dan Pak Dadang A Hidayat,” ucap pria yang juga tercatat sebagai pemateri di hari kedua.
Ruslan berharap, kegiatan yang dihadiri Sekretaris Umum KONI Karawang, Johny Heru Wibowo, saat acara pembukaan, bisa meningkatkan kualitas para pelatih yang terlibat, khususnya pelaith asal Karawang.
“Dengan pelatih hebat tentunya akan lebih mudah dalam melahirkan atlet-atlet berprestasi. Alhamdulillah saat ini ada kurang lebih 120 pelatih di Karawang yang memiliki lisensi D. Semoga dengan banyaknya pelatih akan bermunculan klub renang di Karawang yang aktif melalukan pembinaan, sehingga nantinya berimbas pada meningkatnya prestasi renang Karawang di berbagai event, khususnya Porda. Kami juga berharap ke depannya Karawang bisa memiliki kolam renang standar nasional agar proses pembinaan atlet bisa lebih efektif,” katanya.
Komisi Teknik Renang Perairan Terbuka, Pengprov PRSI Jabar, Dadang A Hidayat mengapresiasi atas semangat dan kerja keras PRSI Karawang yang aktif menggelar lisensi kepelatihan dasar setiap tahunnya.
“Kinerja Pengurus PRSI Karawang sudah sangat bagus terkait penyelenggaraan lisensi kepelatihan ini. Namun kami berharap tidak hanya berhenti sampai di sini saja, tapi ada pengembangan lebih lanjut untuk mewadahi para pelatih yang terlibat dalam melakukan pembinaan terhadap atlet, misalnya dengan menggelar kompetisi secara rutin,” katanya. (ayi/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here