BEKASI – Ukmdigi.com menjalin kemitraan dengan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kemitraan itu dilakukan untuk mendorong peningkatan daya saing para pelaku UMKM sehingga mampu mendongkrak perekonomian lokal maupun nasional.

Direktur Kerjasama Eksternal dan Promosi Ukmdigi.com, Arief Subagyo menjelaskan, Ukmdigi.com akan membantu memasarkan produk-produk para pelaku UMKM yang telah menjadi mitra Ukmdigi.com.
“Kami akan membantu memasarkan produk UMKM yang telah menjadi mitra kami, baik secara online maupun offline. Kami juga berkomitmen untuk terus membina UMKM agar mereka dapat berdaya saing dan tetap eksis serta berkembang sehingga mampu menjadi penggerak utama perekonomian bangsa Indonesia,” papar Arief usai kegiatan Kurasi Produk Calon Mitra Ukmdigi, di Kantor Ukmdigi.com, Bekasi, Minggu (7/2/2021).

Lebih lanjut dia menjelaskan, penjualan produk UMKM di Ukmdigi.com dilakukan secara online (dalam jaringan/daring) yaitu dengan marketplace (Shopee, Tokopedia, Bukalapak), Instagram, dan Facebook. Adapun penjualan secara offline (penjualan langsung) yakni dilakukan melalui kerjasama dengan ritel modern, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan pembukaan booth oleh-oleh di tempat-tempat wisata. 

“Alhamdulillah, saat ini sudah puluhan UMKM di Kabupaten dan Kota Bekasi yang telah menjadi mitra Ukmdigi, dan target kami ratusan bahkan ribuan UMKM ke depannya dapat bersinergi dengan Ukmdigi,” ujar Arief.

Adapun Direktur Perdagangan dan Kerjasama UMKM Ukmdigi.com Qamarunisah menjelaskan, Ukmdigi.com merupakan media online di Indonesia yang mengambil segmen spesifik tentang UMKM dan industri kreatif. “Selain menjadi portal berita, kami memiliki kanal (rubrik) Produk Mitra yang menjadi tempat promosi dari produk-produk UMKM,” ujar wanita yang akrab disapa Runi ini.

Selain itu, lanjutnya, Ukmdigi.com juga memiliki kanal Ukmdigi TV yang terhubung dengan channel YouTube. “Dalam waktu dekat ini, kami juga akan membuat Ukmdigi Institute yang secara khusus akan menyelenggarakan seminar atau pelatihan terkait UMKM. Tujuannya yaitu untuk membimbing para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya, dan juga dapat mencetak entrepreneur yang unggul,” pungkasnya.

Sementara itu, Sisilia, salah satu Mitra Ukmdigi yang memiliki produk Pernik Elok mengapresiasi kehadiran Ukmdigi.com. “Sangat bagus dalam rangka mempromosikan produk-produk UMKM. Mudah-mudahan kami para pelaku UMKM bisa berkembang bersama Ukmdigi. Harapan saya, Ukmdigi menjadi tempat kami dalam mempromosikan produk UMKM dan sebagai tempat belajar dalam pengembangan UMKM,” katanya. (dim/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here