Forum Anak Bekasi Raih DAFA Award

0

CIKARANG PUSAT – Sejumlah Forum Anak dari tingkat desa hingga provinsi meraih penghargaan Data Forum Anak (DAFA) Award 2020 yang diberikan Forum Anak Nasional. Anugrah yang dugekar secara daring pada Selasa (25/8) ini sebagai sarana pengumpulan data dan informasi Forum Anak se-Indonesia.
DAFA Award diberikan kepada Forum Anak Kota Tanjungpinang (Forum Anak dengan Partisipasi Anak dalam Perencanaan Pembangunan Terbaik), Forum Anak Provinsi Bali (Forum Anak dengan Program unggulan Terbaik).
Selain itu, Forum Anak Kabupaten Buleleng (Forum Anak dengan Pelopor dan Pelapor Terbaik), Forum Anak Kabupaten Blitar (Forum Anak dengan Lembar Profil Terbaik), Forum Anak Kota Banjarmasin (Forum Anak dengan Media Sosial Terbaik), dan Forum Anak Kota Bandung (Forum Anak Teraktif).
Sedangkan Forum Anak Terbaik tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, hingga provinsi diberikan kepada Forum Anak Desa Banaran, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Forum Anak Kelurahan Teladan, Bangka Belitung, Forum Anak Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Forum Anak Kabupaten Bekasi, Forum Anak Kota Tanjungpinang, dan Forum Anak Provinsi Bali.
DAFA Award 2020 juga memberikan apresiasi kepada daerah yang mengirimkan lembar profil terbanyak kepada Provinsi Riau.
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga mengapresiasi Forum Anak Nasional. “Kami tentu sangat mendukung inisiasi Forum Anak Nasional dalam menyelenggarakan DAFA Award,” kata dia.
Bintang melanjutkan data memiliki arti penting, sehingga semua Forum Anak, baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga desa/kelurahan harus semakin aktif melakukan pendataan, bukan sekadar untuk mendapatkan penghargaan.
Menurut dia, dengan melakukan pendataan, setiap Forum Anak bisa melakukan evaluasi mandiri terhadap kelembagaan Forum Anak di masing-masing wilayah.
“Sedangkan bagi kami, data ini tidak hanya berfungsi sebagai bahan evaluasi tetapi sekaligus sebagai bahan perencanaan untuk melakukan berbagai kegiatan, terus mengembangkan serta meningkatkan kapasitas dan kualitas Forum Anak,” tuturnya. (yud/rie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here