TANGGUL JEBOL, BBWS CUEK

ANCAM KESELAMATAN WARGA

KABUPATEN BEKASI- Aliran Sungai Citarum di Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi berpotensi meluap ke pemukiman warga. Karena sejak pagi, ketinggian air Sungai Citarum terpantau meningkat. Potensi meluapnya sungai itu juga karena tanggul Sungai Citarum di Kampung Tapak Serang RT05 RW03, Desa Lenggahjaya, Kecamatan Cabangbungin jebol.
“Dari pagi ini (air Sungai Citarum) sudah merambat naik. Kalau laporan resmi belum kita terima, tapi secara visual di lapangan air mulai merambat naik,” kata Camat Cabangbungin, Asep Buchori, Kamis (13/1/2022).
Saat ini penanganan yang bisa dilakukan, kata Asep, hanya dengan memasang terpal di titik tanggul kritis yang jebol. Sedangkan untuk perbaikan permanen belum diketahui kapan akan dilakukan.
“Kita lagi pasang terpal di tanggul kritis. Tanggul yang kritis ada 700 meter, yang terparah ada sekitar 300 meter kritis banget, sudah mau jebol, kalau dihantam air sedikit juga jebol itu,” ucapnya.
Untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu Sungai Citarum meluap, Muspika Cabangbungin bersama BPBD Kabupaten Bekasi sudah mendirikan tenda darurat untuk warga yang dievakuasi.
“Gedung-gedung yang kita siapkan untuk lokasi evakuasi warga sudah kita bersihkan. Warga juga sudah kami imbau kalau air terus naik kita evakuasi. Tapi untuk saat ini belum ada warga yang dievakuasi,” ungkapnya.
Asep mengatakan, pemasangan terpal di lokasi titik tanggul kritis yang jebol sebenarnya bukan menyelesaikan masalah. Tapi hanya sebagai bentuk kegawatdaruratan saja.
“Ya kalau mau menyelesaikan masalah harusnya dibangunan permanen tanggulnya yang kritis,” katanya.
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln membenarkan jika Sungai Citarum di Kecamatan Cabangbungin berpotensi meluap. Apalagi jika hujan terus terjadi setiap hari.
“Kalau curah hujan meningkat sudah pasti (meluap Sungai Citarum) itu. Apalagi Prediksi BMKG hujan sampai Februari,” ucapnya.
Perbaikan permanen tanggul Sungai Citarum menjadi kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum. BPBD sudah menyampaikan insiden yang terjadi di Cabangbungin itu ke BBWS dan meminta agar segera dilakukan perbaikan permanen.
“Saya juga sudah tanya ke BBWS kapan diperbaiki permanen tanggul Citarum yang jebol ini, mereka belum bisa mastiin, kecuali kalau perbaikan yang bersifat darurat. Jadi belum bisa diperbaiki permanen dalam waktu dekat,” katanya. (bbs/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here