BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) berencana melakukan peningkatan akses pemerataan dan mutu pelayanan kesehatan masyarakat pascapandemi Covid-19. Di antaranya, percepatan pembangunan infrastruktur kesehatan seperti membangun puluhan rumah sakit, maupun puskesmas baru di Jawa Barat.

“Pascapandemi kami akan membangun puluhan rumah sakit dan ribuan puskesmas baru supaya suatu hari nanti ketika diuji lagi oleh kehidupan, ada pandemi, kita sudah mempersiapkan,” ucap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam acara Halalbihalal Lebaran 2022 secara daring, bersama Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jabar dari Gedung Pakuan, Kota Bandung (14/5).

Ridwan Kamil menyebut, dengan dibangunnya infrastruktur kesehatan, maka juga akan menyerap banyak sekali tenaga kesehatan, khususnya keperawatan.
“Nah, dengan kehadiran puluhan rumah sakit dan ribuan puskesmas baru, tentu mayoritas akan digerakan oleh perawat. Banyak dibutuhkan profesi perawat, yang tentunya akan menjadi benteng kekuatan infrastruktur kesehatan di Jawa Barat,” ujarnya.

Terakhir, eks Wali Kota Bandung itu menitipkan, agar organisasi PPNI selalu menjaga kekompakan dan lebih terkoordinasi mengingat pengalaman pandemi tahun 2020, tenaga kesehatan di Jawa Barat belum maksimal.

“Saya titip agar organisasi (PPNI) selalu kompak, satu komando. Pengalaman pandemi 2020 belum maksimal karena belum satu komando,” pungkasnya. (amn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here