Warga Banjarnegara Beri Dukungan untuk Ridwan Kamil Maju Pilpres 2024

0

BANJARNEGARA – Dukungan kepada Ridwan Kamil untuk maju dalam Pemilihan Presiden 2024 disuarakan oleh para relawan di Banjarnegara.

Belasan tokoh masyarakat dan pemuda dari 15 kecamatan di Banjarnegara mendeklarasikan diri sebagai relawan Ridwan Kamil. Deklarasi dilaksanakan di Lapangan Desa Brengkok Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Kamis (24/3/2022).

Kegiatan dimulai dengan kegiatan sosial berupa penanaman pohon kelengkeng di Desa Brengkok. Lalu dilanjutkan dengan silaturahmi dan deklarasi relawan.

Perwakilan relawan Banjarnegara, Sugiarto mengatakan bahwa pembentukan relawan ini kemungkinan yang pertama di Jawa Tengah. Di mulai dari Banjarnegara secara bertahap akan ada relawan se-Banyumas Raya. “Awalnya di Banjarnegara. Secara bertahap nanti ada di Banyumas, Purbalingga, Cilacap dan Kebumen,” ujar Sugiarto kepada Banyumas Ekspres.

Dia mengatakan, dukungan terhadap Ridwan Kamil untuk maju dalam Pilpres 2024 ini tak lepas dari sosok Ridwan Kamil. Gubernur Jabar itu selama ini dinilai memiliki rekam jejak yang baik. Selain sosok yang kreatif , Ridwan Kamil juga peduli terhadap isu-isu lingkungan hidup. Salah satunya adalah pada penanganaan pencemaran sungai di Jabar

Ia mengatakan perhatian Ridwan Kamil terhadap isu lingkungan mendapat respek dari sejumlah tokoh masyarakat, pemuda dan pemerhati lingkungan di Banjarnegara.

“Sebagaimana diketahui, banyak wilayah di Banjarnegara yang masuk kategori rawan bencana alam. Bahkan Banjarnegara masuk zona merah tanah bergerak. Tentunya sosok pemimpin yang peduli terhadap lingkungan hidup yang menjadi perhatian kami. Karena isu lingkungan terkait dengan masa depan umat manusia,” kata dia

Sebagai pemerhati lingkungan hidup, dirinya juga menaruh perhatian pada persoalan limbah B3. Menurutnya ini perlu ada penanganan sejak dini limbah B3 dari pabrik dan industri, rumah sakit maupun rumah tangga.

“Banjarnegara semakin tumbuh. Jangan sampai persoalan limbah juga menjadi masalah. Perlu ada pengawasan dan penanganan sejak dini antara pemerintah dan masyarakat. Butuh sosok pemimpin yang tepat dari pusat hingga daerah,” ujar dia.

Wiraswasta muda asal Bawang, Hendrik Wibiantoro Pamungkas mengatakan dirinya ikut menjadi Sahabat Ridwan Kamil di Banjarnegara karena dia menilai Kang Emil ini sosok yang mewakili anak muda. Setidaknya dari sisi semangatnya. Dia punya visi yang bagus membangun Jawa Barat. Dan itu diwujudkan dalam kerja keras. “Orangnya cerdas dan hingga saat ini rekam jejaknya bagus,” kata dia.

Pemuda asal Kecamatan Banjarnegara yang bekerja sebagai arsitek, Romadika Tantra mengatakan sebagai sesama arsitek dirinya mengagumi Ridwan Kamil. Ada banyak karya arsitektur yang dihasilkan tangan dingin Ridwan Kamil. “Bangunan karya Kang Emil ini tidak hanya indah namun juga memiliki nilai fungsi yang tepat,” kata dia.

Seperti diketahui, Ridwan Kamil adalah kepala daerah sarat prestasi. Pengalamannya sebagai arsitek, menjadikan karakter kepemimpinannya penuh inovasi.

Jauh hari ketika diamanahi menjadi Wali Kota Bandung hingga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil merupakan praktisi sekaligus dosen arsitektur di ITB.

Karya rancangan Ridwan Kamil, tak hanya di Indonesia. Tetapi tersebar hingga ke benua Asia dan Eropa. Ciri khas desain karya pria yang akrab disapa Kang Emil itu, adalah filosofi yang mendalam dalam setiap goresannya.

Salah satu karya Kang Emil yang monumental di dalam negeri adalah Museum Tsunami Aceh, Banda Aceh. Bangunan itu menggambarkan bagaimana rakyat Aceh bersedih dan bangkit dari bencana besar yang terjadi pada 2004 lalu.

Tak kurang dua puluh penghargaan terkait karya arsitektur dan tata kota diraih Kang Emil. Rancangan masjid Al-Irsyad yang dipersembahkan bagi mendiang ayahnya, diganjar Top 5 best Building of The year 2010 oleh ArchDaily. Menjadi satu dari 25 masjid terindah di dunia versi Complex Magazine. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here