KARAWANG – KPU Karawang menerima 1.684.765 surat suara untuk Pilkada Karawang 2020 ditambah dua ribu lembar surat suara untuk pemilihan ulang. 
“Gor Panatayudha dipilih jadi tempat menyimpan sekaligus melipat dan menyortir surat suara. Alasannya tempat ini strategis, aman dari banjir dan tidak bocor,” kata Ketua KPU Karawang Miftah Farid kepada wartawan, rabu (18/11/2020). 

Miftah menuturkan, kedatangan surat suara melengkapi logistik pemilu lainnya yang sudah siap. Saat ini, seluruh surat suara segera disortir dan dilipat oleh 30 orang tenaga kerja khusus. “Mereka punya skill melipat kertas dengan presisi dan tepat. Sehingga bisa mengerjakan sorlip dengan cepat,” ujar Miftah. 

Lanjut Miftah, adapun proses sortir lipat ditarget rampung dalam lima hari kedepan. Puluhan tenaga khusus itu akan bekerja menggunakan protokol kesehatan. Selain membersihkan tangan menggunakan cairan sanitizer, tim sorlip ini akan diberi masing-masing satu meja. “Jaraknya juga diatur setiap meja sekira dua meter jaraknya,” ungkap Miftah. 

Gor Panatayudha juga dijaga aparat dengan ketat. Kabagops Polres Karawang, AKP M Bima Gunawan menuturkan, sebanyak 24 orang petugas disiagakan menjaga GOR dalam sehari.  “Mereka dibekali senjata laras panjang. Kami juga memasang metal detektor di pintu masuk Gor untuk menghindari benda logam yang dikhawatirkan menimbulkan kerawanan di lokasi sorlip surat suara,” ujar Bima. 

Setelah surat suara disortir dan dilipat, petugas bakal mendistribusikan logistik ke 30 kecamatan. Dalam satu kotak, akan berisi surat suara dan logistik lainnya seperti tinta, bantalan, paku untuk mencoblos, hingga alat pelindung diri. (rie/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here