Ajak Petani Jaga Lahan Hijau

0
20

KARAWANG– Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Vera Febyanthi mendatangi konstituennya di masyarakat Desa Pamekaran,Kecamatan Banyusari Karawang. Ia datang untuk melaksanakan tugasnya, menyosialisasikan empat pilar kebangsaan. Di hadapan warga, Vera bicara pembangunan dalam persfektif pancasila.
Warga yang hadir datang dari beragam profesi. Petani, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda datang tak sekdar mendengarkan Vera bicara. Tapi juga ikut berdialog dan menyampaikan aspirasi mereka pada Vera.
Kepada para warga yang hadir Vera mengajak untuk terus berkarya bersama-sama. Terkhusu bagi petani, yang kata Vera, harus aktif mempertahankan lahan hijau di wilayah ini di tengah derasnya alihfungsi lahan yang banyak terjadi.
“Mari kita wujudkan keadilan,kemakmuran dengan mempertahankan kedaulatan dan persatuan negeri,” tegas dia.
Tak hanya itu saja, Vea juga menuturkan, kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI mempunyai tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan Ketetapan MPR. Selain itu, sosialisasi juga digelar untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemahaman dan penerapan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.
Negara Kesatuan Republik Indonesia, kata Vera, sudah sejak lama hidup dalam suasana toleransi dalam kemajemukan, bahkan tidak hanya toleransi tapi juga multikultur. Hal ini harus tetap dijaga agar suasana tetap harmonis ditengah perbedaan yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

“Negara Kesatuan Republik Indonesia terdapat berbagai suku dan agama sesuai amanat UUD 1945, kita semua memiliki hak yang sama dalam menjalankan setiap aktivitas peribadatan,” katanya.
Anggota DPR RI ini, berpendapat bahwa toleransi harus menjadi dasar menjalankan kehidupan sehari-hari agar keberagaman tidak menimbulkan perpecahan. Sehingga semua amanat yang terkandung dalam UUD 1945 teraplikasikan sebagaimana mestinya.
“Ini sebagai perwujudan nyata hadirnya wakil rakyat dan memberikan pencerahan bagi masyarakat,” ucap dia saat memaparkan sosialisasi empat pilar. 
Sementara, Camat Banyusari Iwan Ridwan  mengapresiasi kegiatan yang dilangsungkan Vera di wilayah yang secara admintratif menjadi tanggung jawab dia. Menurutnya, kegiatan Sosialisasi 4 Pilar DPR RI periode 2019-2024 itu sangat positif dengan mengundang seluruh elemen masyarakat yang ada di Desa Pamekaran.
“Ini sebagai perwujudan nyata hadirnya wakil rakyat dan memberikan pencerahan bagi masyarakat,” ucap dia
Iwan Ridwan mengatakan saat ini Pemerintah Kabupaten Karawang telah mempunyai Peaturan Daerah (Perda) Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) sehingga lahan teknis pertanian tidak lagi ada ijin untuk membangun industri maupun perumahan .

“Pemkab Karawang untuk mempertahankan lahan pertanian teknis dengan Perda LP2B, mulai pemberlakuan Perda tak ada lagi ijin untuk membangun industri dan perumahan di zona hijau,” katanya.

Iwan Ridwan  juga menyampaikan  Kecamatan Banyusari merupakan wilayah penopang ketahanan pangan secara nasional ,karena wilayah ini.merupakan zona hijau  pertanian dengan luasan sekitar 4000 hektar lebih .

“Banyusari merupakan zona pertanian sehingga harus dipertahankan,” imbuhnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri peserta ini juga diselingi sesi tanya jawab ,penyampaian sapirasi dari masyarakat Desa Pamekaran baik dari segi pertanian maupun UMKM yang ada di desa tersebut. (mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here