BELUM RAMPUNG: Gedung Rumah Sakit Hermina Karawang di di Kampung Sukasari, Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur.

RS Hermina Karawang Ditunjuk sebagai Rujukan Korona

Pemerintah Pusat menunjuk RS Hermina Karawang sebagai rumah sakit khusus korona. Padahal Rumah Sakit yang berada di Kampung Sukasari, Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur saat ini belum beroperasi. 

ARIE FIRMANSYAHKarawang

Berdasarkan pengamatan di lapangan, gedung rumah sakit tengah proses pembangunan. Nampak sejumlah pekerja bangunan tengah bekerja. Di antaranya memasang kaca dan paving block.
Namun manager proyek tak bersedia diwawancara. Namun dari seorang petugas keamanan, diperoleh informasi pembangunan Gedung Rumah Sakit Hermina Karawang ditargetkan pada akhir April 2020. Progresnya pembangunannya sekitar 90 persen.
Rumah sakit itu dibangun di lahan kurang lebih 8.000 meter persegi sejak Agustus 2019 lalu. Saat ini dalam proses penyelesaian dan tengah dikebut. Sebagian alat medis juga telah tiba.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang Nurdin Hidayat mengatakan, meaki ditetapkan sebagai rujukan untuk menangani Covid-19, RS Hermina Karawang belum beroperasi. Karena itu, ia mengaku akan segera berkomunikasi dengan pihak RS Hermina Karawang.
“RS Hermina mungkin punya semangat, punya keinginan rumah sakitnya masih baru, dikhususkan menjadi RS khusus Corona sementara,” ujarnya.
Setelah ditelusuri, kata Nurdin, perizinan yang dimiliki RS Hermina Karawang pun belum lengkap. Hanya saja, dari informasi yang ia terima, fasilitas rumah sakit itu memadai untuk penanganan Covid-19.
Sebalumnya, juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto menuturkan, sebanyak tiga rumah sakit (RS) swasta telah bersedia untuk menjadi RS rujukan dalam penanganan pasien yang terinfeksi virus corona atau covid-19.
Ketiga rumah sakit swasta tersebut adalah adalah Rumah Sakit Siloam Kelapa Dua, RS Mitra Keluarga Jatiasih, dan Rumah Sakit Hermina Karawang. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here