Jurus Jitu DPPKB Karawang Capai Target Vaksin Lansia di RSUD Karawang

Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Karawang, mengapresiasi langkah seluruh Dinas dan OPD di Karawang dalam melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 bagi lansia. Khususnya kepada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Karawang.

PASALNYA, jurus jitu yang dilakukan oleh Tim DPPKB Karawang terbukti ampuh menjaring lansia di seluruh pelosok Karawang. Salah satu jurus yang dipakai DPPKB yaitu melibatkan PLKB, memberdayakan para kader, hingga bekerja sama dengan driver ojek online.
Seperti diungkapkan Plt Kepala DPPKB Karawang Sofiah, melalui Kabid Dalduk dan Advokasi DPPKB Karawang, Imam Alhusaeri Bahanan. Menurutnya, keberhasilan DPPKB menyerap ribuan target vaksin lansia. Tak bisa lepas dari jasa para driver ojek online.
“Akhir pekan kemarin, kami berhasil membawa 352 target vaksin lansia dalam satu hari. Keberhasilan itu tak lepas dari jasa Driver Grab, yang secara sukarela terlibat dalam antar jemput target vaksin di pelosok desa,” ujar Imam kepada KBE (1/4) dalam keterangan persnya.
Imam menjelaskan, DPPKB Karawang memiliki tenaga kader dari tingkat kecamatan, desa, hingga ke RT/RW. Selain itu, mereka juga memiliki kader institusi mulai dari Pos KB, Sub Pos KB, hingga kelompok akseptor dan kelompok ketahanan keluarga, dengan pengalamannya melakukan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE).

“Dengan kemampuan KIE yang dimiliki para kader kami ditingkat desa, membuat pemahaman warga tentang vaksin ini menjadi lebih baik. Sehingga, antusias mereka pun meninggi,” paparnya.

Masih kata Imam, sesuai instruksi Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana. Bahwa saat ini semua pihak bertanggung jawab dalam penanggulangan Pandemi Covid-19. Termasuk dalam hal mensukseskan vaksin lansia ini.

Imam berharap, peran kecamatan, desa, puskesmas, hingga OPD tertentu yang ditunjuk bupati untuk melakukan rekrutmen calon vaksin. Secara sinergis, diharapkan mampu menuntaskan vaksinasi secara cepat dan tepat.

“Selain semua instrumen itu, peran swasta juga sangat penting. Kami apresiasi keberanian Grab dalam memfasilitasi semua target vaksinasi dari DPPKB Karawang,” ujar mantan Sekcam Cilamaya Wetan ini.

“Mudah-mudahan pihak swasta lin ikut tergerak, sehingga proses vaksinasi ini berjalan cepat. Dan pandemi ini segera berakhir,” harapnya.

Di sisi lain, Juru bicara GTPP Covid-19 Karawang, dr. Fitra Hergiana menilai, jika langkah bupati melibatkan beberapa OPD dalam merekrut lansia untuk dilakukan vaksinasi. Merupakan langkah yang tepat.

Sehingga, kata Fitrah, penanganan Covid-19 di Kabupaten Karawang dapat lebih terarah dan tepat sasaran. Selain itu, bisa tetap menjaga protokol kesehatan dengan benar.

“Kami apresiasi kinerja seluruh instansi terkait yang membantu gugus tugas dalam percepatan capaian vaksin lansia,” imbuhnya. (wyd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here