Beres Pilbup, Kiai Turun Gunung

0

KARAWANG- Semua proses Pilkada Karawang tahun 2020 sebentar lagi akan selesai. Meski rekapitulasi KPUD Karawang masih berjalan, namun jika dilihat dari hasil hitung cepat sejumlah lembaga pasangan 02 Cellica Nurrachadiana dan Aep Saepulloh, dinyatakan unggul telak dari dua pesaingnya Yessi-Aldy dan Jimmy-Yusni.

Meski secara keseluruhan Pilkada Karawang berjalan damai, aman, dan kondusif, para tokoh ulama di kota pangkal perjuangan tak mau berdiam diri. Pasca Pilkada, mereka langsung turun gunung. Melalui berbagai ajakan pesan damai untuk meredam konflik dan gesekan berkepanjangan, yang bisa merusak persatuan umat di Karawang.

Ketua Tanfidzah PWNU Jawa Barat, Kiai Hasannuri Hidayatullah mengingatkan, kepada pihak yang menang mau pun yang kalah dalam Pilkada Karawang tahun ini. Agar patuh terhadap integritas “Siap Menang, Siap Kalah” yang sebelumnya sudah ditandatangani bersama oleh masing-masing pasangan calon Bupati Karawang.

Gus Hasan bilang, yang namanya kontestasi. Pasti ada pihak yang kalah. Karena tidak mungkin semua peserta menang dalam kontes berbarengan.

“Pilkada sudah selesai. Sebelum pemilihan semua paslon sudah menyepakati integritas siap menang dan siap kalah. Tidak mungkin semua peserta menang,” ujarnya, Sabtu, (12/12/2020) kemarin.

Bagi pihak yang menang, kata Gus Hasan, diharapkan untuk tidak jemawa. Tidak juga merasa hebat, apa lagi sampai menyombongkan diri. Karena pada dasarnya, kata dia, selain hasil dari pada ikhtiar. Kemenangan itu, merupakan anugrah dari Allah swt.

“Syukuri kemenangan dengan cara yang mendidik dan santun. Dan jangan lupa untuk selalu minta pertolongan kepada Allah swt, dalam mengemban amanah selama 5 tahun ke depan,” ucapnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Ash-Siddiqiyah Cilamaya Karawang ini juga berpesan, agar pihak yang menang bisa segera merangkul seluruh elemen masyarakat yang kemarin berbeda dukungan.

“Seperti itulah semestinya menjadi pemimpin. Mampu menyatukan semua unsur-unsur masyarakat, jangan sampai terkotak-kotak,” tegasnya.

Tak hanya itu, Gus Hasan juga berpesan kepada pihak yang kalah untuk selalu ikhlas dan legowo dalam menerima hasil ini. Ia berharap, ke depan, semua bisa bergandengan membangun Karawang bersama-sama.

“Mari dukung kebijakan pemerintah yang terpilih jika nanti maslahat untuk masyarakat. Dan kritisi jika tidak. Tapi tetap dalam koridor yang saling jaga dan mengayomi,” pesannya.

“Saya juga apresiasi antusiasme masyarakat dalam Pilkada tahun ini. Mereka sangat patuh terhadap protokol kesehatan,” sanjungnya. (wyd/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here