BANJIR ROB : Sejumlah rumah dan fasilitas di Pantai Tanjung Baru rusak dihantam banjir rob dan ombak besar.

KARAWANG- Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung menyebutkan, puncak musim penghujan untuk Kabupaten Karawang, Subang, Indramayu, dan Cirebon akan terjadi pada Januari hingga pertengahan Februari 2021. Hal itu dikatakan Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, Teguh Rahayu, saat dihubungi awak media, Sabtu (23/1/2021).
Ia meminta kepada pemerintah di empat kabupaten pantai utara tersebut untuk waspada. “Pemerintah kita harus siaga dan tetap waspada juga meningkatkan koordinasi dengan instansi yang bergerak di bidang kebencanaan,” kata Rahayu.
Selain itu, Rahayu juga mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada dan siaga terhadap potensi hujan lebat yang cukup tinggi di Januari hingga pertengahan Februari.
“Maka jauhi tebing dengan kemiringan atau perbukitan yang ekstrem karena akan berpotensi menimbulkan longsor serta jauhi aliran sungai untuk mengantisipasi meluapnya sungai akibat curah hujan tinggi,” ujarnya.
Untuk meningkatkan kewaspadaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang pun sudah mengeluarkan peringatan siaga bencana sejak 5 Desember 2020. BMKG mencatat sebagian besar wilayah Indonesia, yaitu 94 persen dari 342 zona musim saat ini telah memasuki puncak musim hujan seperti yang telah diprediksikan sejak Oktober 2020 lalu.Puncak musim hujan akan terjadi pada Januari dan Februari 2021.
“Kami mengimbau masyarakat dan seluruh pihak untuk tetap terus mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang cenderung meningkat di dalam periode Puncak Musim Hujan ini,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers secara daring, Sabtu (23/1/2021).
Sebagian besar wilayah yang berada pada puncak musim hujan tersebut terutama sebagian Sumatera bagian selatan, sebagian besar Jawa, sebagian Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, sebagian Sulawesi, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan bagian selatan Papua.
Puncak musim hujan di wilayah tersebut diperkirakan akan berlangsung hingga Februari 2021.
Pada periode musim hujan dan puncak musim hujan ini juga sering terjadi peristiwa cuaca ekstrem dengan curah hujan kategori tinggi dan sangat tinggi. (bbs/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here