***26 Pengidap Tersebar di 17 Kecamatan
KARAWANG – Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Karawang mencatat orang dengan HIV/AIDS (ODHA) mencapai 26 orang di Januari 2020. Penderita HIV/Aids yang terbanyak di Kecamatan Karawang Barat dengan 4 orang pengidap HIV/Aids.
Menurut Staf KPA Karawang, Yana Aryana mengatakan, di bulan Januari 2020 jumlah kasus ODHA ada 26 orang di 17 kecamatan di Kabupaten Karawang. Diantaranya, Kecamatan Karawang Barat (4), Telagasari (3), Rengasdengklok (3), Telukjambe Timur dan Klari (2) sedangkan Cikampek, Rawamerta, Karawang Timur, Cilamaya Kulon, Tirtamulya, Telukjambe Barat, Batujaya, Pakisjaya, Ciampel, Kotabaru dan luar Karawang masing-masing (1).
“Dari jumlah 26 ODHA di dominasi pekerjaan sebagai karyawan dengan 14 orang, pengangguran 5 orang, IRT 3 orang, mahasiswa 2 orang, guru PNS dan buruh masing-masing 1 orang,” ungkap Yana kepada KBE, kemarin (10/3).
Lanjut Yana, rata-rata penderita HIV/Aids sering gonta ganti pasangan seks dan berhubungan seks sesama jenis. Secara kumulatif kasus HIV/Aids terus meningkat, namun tiap bulannya berbeda beda kadang naik kadang turun tergantung orang yang di tes HIV/Aids. Tetapi temuan kasusnya setiap bulan pasti ada temuan kasus HIV/Aids.
“Kami juga mencatat ada ODHA kasus lama yang meninggal ada 3 orang, di Januari (1) dan Febuari (2). Tempat rawan hiv/aids tempat transaksi seksual seperti lokalisasi, tapi sekarang prosritusinya secara online dan itu sedikit menyulitkan melakukan pendataan,” jelasnya.
Untuk penularan hiv/aids dengan kasus homoseksual dengan 20 orang, pasangan pria risti 3 orang dan pria risti 3 orang. Laki-laki dengan laki-laki mulai meningkat dan menjadi trend.
“Kita mencatat yang paling banyak pengidap HIV/Aids di kalangan usia 20-29 tahun ada13 orang, usia 30-39 tahun ada 7 orang, 40-49 tahun ada 3 orang, 50-59 tahun ada 2 orang dan 15-19 tahun ada 1 orang,” pungkasnya. (rie/shn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here