Corona Merebak, Calhaj Tetap Membludak

0

KARAWANG – Meski demam virus corona melanda dunia, ternyata tidak menyurutkan jamaah calon haji (calhaj) Karawang untuk menunaikannya. Terbukti sekitar 30 orang setiap harinya melakukan pendaftaran untuk berangkat ibadah.
“Iya, rata-ratanya sekitar 30 orang per hari, sehingga Jumlah totalnya sampai saat ini mencapai 38.839 jamaah,” kata H. Suhendar, staf Urusan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Karawang, Rabu (11/3/2020) siang.
Menurut Suhendar yang ditemui di ruangan kerjanya, calhaj pendaftar umumnya tidak terlalu mengkhawatirkan bahaya virus corona atau lainnya yang menyertai pelaksanaan ibadah haji. Pasalnya, keinginan menunaikan ibadah yang menjadi tuntutan rukun Islam kelima, lebih mendominasi.
Apalagi terkait virus corona yang menjadikan Pemerintah Arab Saudi menyetop sementara pelaksanaan ibadah umrah, dimungkinkan tidak terjadi ketika mereka melakukan pemberangkatan.
“Soalnya pemerangkatan untuk pendaftar calhaj bisa mencapai belasan tahun. Apalagi kuota pemberangkatan jamaah haji per tahunnya hanya 2.037 jamaah,” ujar Suhendar. (ayi/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here