MEMBATIK : Kabid Pemberdayaan UMKM, Agus Jaelani saat melatih pemudi desa membuat batik tulis. 

Dari Ternak Ikan Hingga Pembuatan Batik Tulis

Masalah pengangguran di wilayah pedesaan di Kabupaten Karawang masih cukup tinggi. Para pemuda desa yang sudah lulus dari bangku SMA/SMK bahkan sarjana. Masih kesulitan mengakses lowongan pekerjaan yang notabene banyak tersedia di perkotaan. 

MELIHAT fenomena itu, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Karawang, berkomitmen untuk membantu pemerintah menekan angka pengangguran, dengan cara mengajak pemuda potensial di desa untuk berwirausaha. 
Kepala Dinkop UKM Karawang, Ade Sudiana melalui Kabid Pemberdayaan UMKM, Agus Jaelani menuturkan, di tahun 2022 ini ada dua kecamatan yang bakal jadi lokus pengembangan wirausaha desa.  Dua kecamatan itu diantaranya Kecamatan Tirtajaya dan Pakisjaya. Kata Agus, salah satu desa di dua kecamatan itu bakal mendapat fasilitas pengembangan usaha dari Dinkop UKM Karawang. 
“Kebetulan program ini juga muncul dalam Musrenbang kecamatan, pada dasarnya Dinkop UKM Karawang siap membantu mengembangkan usaha pemuda di desa,” ujar Agus saat diwawancara KBE, senin (21/2/2022). 
Agus mengatakan, sebenarnya para pemuda desa di Kabupaten Karawang punya potensi yang bagus dalam berwirausaha. Apa lagi, kata Agus, bahan baku produksi untuk usaha mereka tersedia cukup melimpah di desanya.
“Misalnya pengusaha olahan ikan, di Pakisjaya kan tersedia banyak bahan bakunya. Kalau sudah diolah dan dikemas dengan bagus, harga produk ini bakal lebih bersaing dari pada di jual mentah,” jelasnya. 
Agus bilang, untuk mensukseskan program tersebut, Dinkop UKM Karawang bakal menggelar pelatihan mamagement usaha, pelatihan membuat kemasan, termasuk program bantuan modal lunak dari koperasi di sekitar. 
“Kita akan membentuk wirausahawan baru di desa, tentunya dengan bahan baku yang disesuaikan dengan letak geografis desa tersebut,” kata Agus. 

“Kalau di Kecamatan Pakisjaya olahan ikan, di Kecamatan Tirtajaya mungkin ternak lele,” pungkasnya. 
Selain berupa pelatihan hingga bantuan modal usaha. Tahun 2022 ini Dinkop UKM Karawang juga bakal mengucurkan bantuan alat usaha bagi pelaku UMKM di Karawang yang ingin mengembangkan usahanya. (wyd/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here