Guru Hingga Penjaga Sekolah Bisa Miliki Rumah

0

Cabang Dinas Wilayah IV: Dari Karawang Sudah Ada 72 Pendaftar
Program Bataru Dilaunching di Purwakarta Akhir Januari

KARAWANG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat meluncurkan program Bakti Padamu Guru (Bataru) yaitu penyediaan rumah bersubsidi bagi warga satuan pendidikan yang ada di Jawa Barat. Melalui program ini, guru, TU, hingga penjaga sekolah memiliki kesempatan untuk memiliki rumah.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Ai Nurhasan, mengatakan, program Bataru yang diluncurkan pada akhir 2020 merupakan kado istimewa bagi guru dan semua yang berjasa di lingkungan pendidikan. Program ini bukan hanya diperuntukkan bagi mereka yang berasal dari jenjang SMA sederajat, tapi bisa diikuti oleh jenjang PAUD, SD, SMP, serta satuan pendidikan yang berada di bawah Kementerian Agama seperti MI, MTs dan MA.

“Insyaallah program ini akan dilaunching di Kabupaten Purwakarta pada akhir Januari 2021,” ujar Nurhasan, kepada KBE, Kamis (7/1/2021).

Saat ini, jelas Nurhasan, program Bataru masih dalam proses pembenahan norma dan prosedur berkaitan dengan pengembang dan perbankan. Kendati demikian, syarat dasar guru dan tenaga kependidikan yang ingin mengikuti program ini sudah ditetapkan yaitu belum memiliki rumah dan berpendapatan minim.

“Proses pembenahan norma dan prosedur ini ditargetkan bisa selesai pekan depan,” ucapnya.

Nurhasan melanjutkan, bagi guru dan tenaga kependidikan yang ingin mengikuti program Bataru, bisa mendaftar di Cabang Dinas Pendidikan di wilayah masing-masing. Untuk Kabupaten Karawang, Purwakarta dan Subang yaitu ke Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

“Hingga hari ini (kemarin) sudah ada 250 pendaftar dari tiga kabupaten yang ada di bawah Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV. Khusus dari Karawang terdapat 72 Pendaftar,” katanya.

“Kami berharap adanya program Bataru ini bisa dimanfaatkan guru dan tenaga kependidikan dengan baik. Sehingga yang belum punya rumah bisa segera memilikinya,” harapnya menambahkan. (ayi/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here