Pejabat Teras, Pengusaha sampai Influencer Dapat Jatah Pertama

KARAWANG- Kabupaten Karawang akan memulai program vaksinasi covid-19 hari ini. Tenaga kesehatan menjadi prioritas penerima vaksin tahap pertama— bersama sejumlah pejabat teras dan tokoh agama terpilih. Kompleks Pemkab Karawang dipilih menjadi lokasi penyuntikan vaksin perdana. Sama seperti daerah lain, Karawang juga merangkul influencer vaksin.
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengungkapkan vaksinasi tahap pertama dilakukan kepada 11.591 tenaga kesehatan. Cellica menyebut pihaknya telah menerima sebanyak 19.600 vial atau dosis vaksin Sinovac dari pemerintah pusat. Vaksin tersebut kemudian disimpan di gudang yang sudah disiapkan di Dinkes Karawang.
“Karena bersifat reguler, kurang lebih ada 1,5 juta vaksin yang akan diterima (Pemkab Karawang), jadi penyimpanannya harus representatif dan bersuhu khusus,” ujar Cellica.
Vaksin tersebut, kata dia, kemudian akan didistribusikan ke 114 fasilitas kesehatan, yang terdiri dari 50 puskesmas, 24 rumah sakit, dan 40 klinik swasta. Namun, ia memastikan sebelum didistribusikan, vaksin akan dicek terlebih dahulu oleh petugas. “Petugas vaksinasi sudah siap,” ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Karang, Fitra Hergyana mengungkapkan, vaksinasi tahap awal di Karawang ditaksir bakal memakan waktu satu bulan. Sebagiamana diketahui, menyasar kepada sebanyak 11.591 tenaga kesehatan.
“Untuk tenaga kesehatan target selesai Maret,” kata Fitra kepada awak media melalui saluran telepon, kemarin (28/1). “Nanti ada kick off (vaksinasi) di Pemda (Karawang),” timpal Fitra.
Diketahui pada Rabu (27/1/2021) lalu Kabupaten Karawang menerima 19.600 vial vaksin sinovac. Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang Nanik Jodjana memastikan vaksinator sudah siap. Sebab selain telah dilatih, pihaknya telah melakukan simulasi vaksinasi di Puskesmas Karawang Barat beberapa waktu lalu. “Sudah siap,” kata dia.
Mereka Yang Disuntik Pertama
Sebanyak 15 orang pertama akan disuntik vaksin Covid-19 di Gedung Singaperbangsa, Perkantoran Pemkab Karawang, jumat pagi ini (29/1/2021).
“Ada 15 orang yang akan divaksin pertama besok pagi. Pelaksanaannya sekitar pukul 08.00 WIB,” kata Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Karawang, Asep Aang Rahmatullah saat dihubungi awak media, Kamis (28/1/2021).
Aang mengatakan, sejumlah orang yang akan divaksin  tersebut terdiri dari pejabat, influencer dan sejumlah tokoh masyarakat serta agama di Kabupaten Karawang.(bbs/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here