Jimmy: Perbaikan Harus Segera

0

KARAWANG– Jalan rusak Cikalong-Cilamaya kembali mulai di perbaiki secara bertahap oleh EPC Consorsium PLTGU Jawa-1 PT Jawa Satu Power (JSP), Senin, (24/2/2020) kemarin.
Wakil Bupati Karawang, Ahamd Jimmy Zamakhsyari, didampingi Kepala Dinas Perhubungan, Arief Bijaksana, dan pejabat PUPR Karawang, meninjau langsung proses perbaikan tersebut.
Kepada KBE, Jimmy mengatakan, laporan masyarakat tentang keluhan dari rusaknya jalan Cikalong-Cilamaya terus mengalir kepadanya. Bahkan, kata dia, saat meninjau lokasi. Sedikitnya ada tiga orang yang meneriakinya, dengan seruan minta jalan segera diperbaiki.
“Kita minta EPC dari JSP segera melakukan perbaikan sesuai komitmen dengan Pemkab Karawang,” ucapnya, kemarin, (24/2).
Jimmy menegaskan, rusaknya jalan Cikalong-Cilamaya bukan karena banjir atau genangan air saja. Akan tetapi, karena hampir setiap hari tergilas mobil-mobil bertonase tinggi dari mega proyek PLTGU Jawa-1, di Desa Cilamaya, Kecamatan Cilamaya Wetan.
“Lihat kerusakannya juga sudah sangat parah. Hari ini saya datang ke sini, minta jalan ini langsung diperbaiki,” tandasnya.
“Terima kasih pada masyarakat yang sudah mengkritisi tentang hal ini. Mari kita kawal bersama,” imbuhnya.
Sementara, Affair Manager External PT Jawa Satu Power, Tig Djulianto mengatakan, PT Jawa Satu Power dan Konsorsium Kontraktor Pelaksana (EPC) PLTGU Jawa-1, selalu berkomitmen untuk melakukan perbaikan secara reguler jalan Cikalong-Cilamaya sebagaimana amanat dalam dokumen project. 
Tig menjelaskan, kegiatan seperti ini, merupakan upaya dari PLTGU Jawa-1, untuk memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat di sekitar proyek PLTGU. Selain itu, kata dia, perbaikan tersebut juga bertujuan untuk mengurangi dampak dari kegiatan project yang sedang berlangsung. 
“Perbaikan tersebut dalam rangka meningkatkan akses masyarakat di sekitar lokasi projek PLTGU Jawa-1 dalam mencapai pusat-pusat kegiatan ekonomi, pendidikan, dan sarana kesehatan publik,” jelasnya.
Masih kata dia, sejauh ini EPC telah melakukan 3 kali perbaikan jalan. Sementara untuk program perawatan lanjutan, rencananya baru akan mereka mulai Senin, (24/2) kemarin.
Rencana semula, lanjutnya, perbaikan jalan tersebut akan memakan waktu sekitar 3 hingga minggu. Namun, lantaran kondisi hujan yang masih terus berlangsung dan mengurangi resiko bagi pengguna jalan, maka akan dilakukan perbaikan prioritas di titik -titik jalan dengan penimbunan agregat dan dilakukan pemadatan dengan alat berat. 
“Lapisan aspal akan dilakukan apabila kondisi cuaca memungkinkan,” pungkasnya.
Menyikapi hal itu, tokoh masyarakat Cilamaya, Nurhaimin mengatakan, masyarakat Cilamaya berharap keberadaan PLTGU Jawa-1 di sekitar lingkungan tempat tinggalnya, akan mampu mendongkrak perekonomian serta kesejahteraan masyarakat Cilamaya.
Soal perbaikan jalan, sambung Nurhaimin, apa bila cuacanya memang tidak memungkinkan untuk dilakukan perbaikan, dirinya mengaku paham situasi. Namun, untuk beberapa titik yang sudah rawan kecelakaan, diminta agar segera dilakukan tambal sulam.
“Kalau kendalanya itu kita bisa maklum, tapi buat yang rusaknya parah tolong lah disegerakan,” ungkap ketua Sedulur Cilamaya tersebut.
“Kami masyarakat hanya bisa mengawal komitmen antara Pemda dengan JSP, kaitan perbaikan jalan Cikalong-Cilamaya ini,” tandasnya. (wyd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here