KAMPUNG KB : Pemdes Payungsari bersama Satpel PPKB Kecamatan Pedes, rapat pembentukan Kampung KB.

Kades Akan Fasilitasi Sarana Prasarana

KARAWANG – Satun Pelayanan (Satpel) Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kecamatan Pedes, sedang kejar target pembangunan Kampung Keluarga Berencana (KB) di 12 desa yang ada di Kecamatan Pedes.
Saat ini, Satpel PPKB Kecamatan Pedes tengah merancang bentuk bangunan Kampung KB di Desa Payungsari. Sesuai rencana dalam Musrenbang desa. Akhir tahun ini, Kampung KB Payungsari akan di bentuk.
Namun, hingga akhir September 2020 ini. Pemerintah Desa Payungsari belum merumuskan dimana letak Kampung KB ini. Pasalnya, lahan milik desa saat ini, sudah habis terpakai.
“Targetnya tahun ini tambah lagi satu Kampung KB di Desa Payungsari. Tapi, proses pembangunannya terkendala lahan. Sampai sekarang, pengadaan lahan masih diupayakan,” ungkap Koordinator Satpel PPKB Kecamatan Pedes, Suharta kepada KBE, Kamis, (24/9/2020).
Suharta menyebut, Satpel PPKB Kecamatan Pedes punya target satu desa satu Kampung KB di tahun 2021 mendatang. Saat ini, pihaknya terus menggalakan proses pembangunan. Namun, beberapa desa di Kecamatan Pedes mengaku, kesulitan untuk pengadaan lahan.
“Kalau di bangun bukan di lahan milik desa, dianggap rawan. Desa Payungsari saat ini masih berupaya mencari lahan,” katanya.
Disisi lain, Kades Payungsari, Amas Subhan mengaku, pihaknya siap seratus persen untuk memfasilitasi segala sarana prasarana untuk Kampung KB ini. Namun, ia juga mengakui, jika saat ini, kondisinya mereka sedang sulit mencari lahan yang representatif. Untuk dibangunkan sarana Kampung KB tersebut.
“Kita akan tetap upayakan. Saat ini masih berlangsung proses negosiasi dengan masyarakat dan BPD. Agar lokasi Kampung KB ini bisa strategis,” ujarnya.
Sebelumnya, Kabid Dalduk dan Advokasi DPPKB Karawang, Imam Alhusaeri menuturkan, sesuai instruksi Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, sampai akhir masa jabatannya di periode ini. DPPKB Karawang di target membentuk 309 Kampung KB di seluruh desa di Kabupaten Karawang.
Kata Imam, terhitung sejak Maret 2020 kemarin tercatat, sudah ada 205 Kampung KB yang diresmikan secara sah. Baik oleh kepala desa maupun Satpel KB dan DPPKB Karawang.
“Sebenarnya sekarang sudah lebih dari 205. Karena selama Pandemi ini proses peresmian itu jadi terhambat. Makanya, per Maret 2020 kemarin, kami belum update datanya,’ ungkapnya.
“Beberapa desa sudah punya SK Kampung KB. Namun belum diresmikan karena Pandemi. Kalau hitungan kasar, per September 2020 ini, mungkin sudah ada 210 Kampung KB di Karawang,” pungkasnya. (wyd/rie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here