KPU Karawang Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara

0

KARAWANG – Tenaga kerja profesional yang telah ditunjuk oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang mulai melakulan penyortiran dan pelipatan surat suara, Kamis (19/11/2020) yang disaksikan oleh Bawaslu Karawang dan dikawal ketat aparat kepolisian.
Kasum Sanjaya, Komisioner Divisi Teknis menjelaskan, setelah didisortir dan dilipat akan hitung kembali disaksikan semua pihak untuk memastikan jumlahnya sesuai. Kasum berharap, sortir dan lipat ditargetkan selesai dalam 5 hari.
“Sehingga ketika distribusi untuk kebutuhan tiap-tiap TPS sudah tidak ada selisih. Sesuai dengan jumlah DPT ditambah 2,5 persen,” katanya.
Ditegaskan Kasum, tenaga kerja profesional tidak hanya melakukan pelipatan suara, tapi juga melakukan penyortiran. Sehingga apabila ada surat suara yang rusak akan langsung diganti. “Nanti akan kita buat berita acara untuk minta diganti oleh perusahaan yang membuat surat suara tersebut,” tegasnya.
Sebelumnya, KPU Karawang menerima 1.684.765 surat suara untuk Pilkada Karawang 2020 ditambah dua ribu lembar surat suara untuk pemilihan ulang.
“Gor Panatayudha dipilih jadi tempat menyimpan sekaligus melipat dan menyortir surat suara. Alasannya tempat ini strategis, aman dari banjir dan tidak bocor,” kata Ketua KPU Karawang Miftah Farid kepada wartawan, rabu (18/11/2020).
Miftah menuturkan, kedatangan surat suara melengkapi logistik pemilu lainnya yang sudah siap. Saat ini, seluruh surat suara segera disortir dan dilipat oleh 30 orang tenaga kerja khusus. “Mereka punya skill melipat kertas dengan presisi dan tepat. Sehingga bisa mengerjakan sorlip dengan cepat,” ujar Miftah.
Lanjut Miftah, adapun proses sortir lipat ditarget rampung dalam lima hari kedepan. Puluhan tenaga khusus itu akan bekerja menggunakan protokol kesehatan. Selain membersihkan tangan menggunakan cairan sanitizer, tim sorlip ini akan diberi masing-masing satu meja. “Jaraknya juga diatur setiap meja sekira dua meter jaraknya,” ungkap Miftah. (rls/rie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here