PENGAMANAN : TNI, Polisi, Satpol PP, dan Linmas di Kecamatan Cilamaya Kulon, foto bersama dalam Pengamanan Pilkades.

KARAWANG – Pelaksanaan Pilkades di 45 desa se-Kabupaten Karawang sudah masuk masa tenang. Artinya, seluruh calon kepala desa sudah dilarang melakukan aktifitas kampanye di ruang lingkup desanya.
Kapolsek Cilamaya, Kompol Sutedjo menerangkan, di masa tenang Pilkades tidak diperbolehkan lagi kegiatan kampanye di masyarakat. Ia mengimbau, para calon kades agar lebih fokus di rumah agar menjaga kesehatan serta kondisi mental dan fisik. Juga perbanyak berdoa untuk hasil yang terbaik.
“Tidak ada lagi kampanye. Buat para calon kades, perbanyak saja berdoa di rumah. Supaya mendapat hasil yang baik,” kata Sutedjo kepada KBE, kemarin (20/2/2020).
Lanjutnya, kepada para simpatisan dan tim sukses masing-masing kades, Sutedjo berharap agar mereka tetap menjaga kondusifitas dan tidak menyebar issu miring yang bisa memicu ke gaduhan.
Kata Sutedjo, dari pada menggoreng issu, lebih baik tim sukses dan simpatisan itu memberikan dukungan pada calon kadesnya di rumah melalui doa.
“Buat para tim sukses jangan sebar fitnah, jangan goreng issu, lebih baik beri dukungan dari rumah saja melalui doa,” katanya.
Sementara, Camat Cilamaya Wetan, Basuki Rachmat mengungkapkan, jelang waktu pemilihan, Muspika Cilamaya Wetan telah menginstruksikan seluruh Linmas di desa, agar perketat keamanan.
Apa bila terdengar desas-desus bakal terjadi keributan, kara Basuki, pihaknya mengimbau agar panitia dan tim keamanan melapor ke Muspika, Kapolsek, dan Danramil, untuk dilakukan tindakan pencegahan.
“Total ada 120 Linmas yang ikut menjaga Pilkades. Baik di dalam desa, maupun di garis luar desa yang Pilkades,” imbuhnya.
Hal serupa diungkapkan Camat Cilamaya Kulon, Rully Sutrisna. Selain mengarahkan para calon kades agar bisa menahan simpatisan dan tim suksesnya untuk tak melakukan hal-hal negatif.
Rully juga mengimbau kepada para simpatisan calon kades untuk tidak menyebar fitnah atau issu miring yang bisa membuat situasi desa jadi memanas. “Baik di hari tenang maupun pasca pemilihan, tetap jaga kesatuan dan persatuan. Semua harus bisa menahan diri,” ujar Camat Cilamaya Kulon yang baru menjabat itu.
“Kepada simpatisan jangan mudah termakan issu. Jangan juga menyebar fitnah. Mari sama-sama kita wujudkan Pilkades agar sukses tanpa ekses,” pungkasnya. (wyd/rie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here