PEDAGANG : Revitalisasi Pasar Cilamaya hampir rampung 100 persen, ratusan pedagang mulai mengisi kios.

Fasilitas Lengkap, Bersih, dan Bebas Banjir

Dibangun sejak tahun 2018 silam. Gedung Pasar Cilamaya Baru yang dikerjakan PT Barokah Putra Delapan (BPD) akhirnya selesai dikerjakan. Wajah baru Pasar Cilamaya jelas berbeda jauh dari sebelumnya. Selain nampak lebih bersih dan tertata rapih. Bangunan yang ditinggikan itu, nampak mustahil ditembus oleh banjir. 

MEMILIKI 511 kios di dalamnya. Pasar Cilamaya Baru didesain sebagai pasar modern yang memiliki sistem tata ruang yang sangat baik. Selain desainnya yang bagus, Pasar Cilamaya Baru juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Mulai dari toilet umum yang tersebar di setiap sudut gedung, mushola yang representatif, tempat pembuangan sampah khusus, hingga mobil pemadam kebakaran juga bakal tersedia di sana. 
Kepada KBE, Direktur PT Barokah Putra Delapan, Sobari Sobirin menuturkan, meski pun dalam perjalanan revitalisasi Pasar Cilamaya mengalami dinamika yang luar biasa. Namun, setelah gedung Pasar Cilamaya Baru ini rampung. Peminat dari pasar modern pertama di Cilamaya itu sangat membludak. Buktinya, kata Sobari, dari 511 kios yang tersedia kini sudah ludes terjual sebanyak 387 kios. 
“Ratusan pedagang sudah mulai pindah dari pasar sementara ke kios mereka di Pasar Cilamaya Baru. Antusias masyarakat luar biasa, kini jumlah peminat kios Pasar Cilamaya Baru meningkat pesat,” ujar Sobari, Senin, (6/9/2021) kemarin. 
Sobari menjelaskan, tingginya minat masyarakat memiliki kios di Pasar Cilamaya. Lantaran ada bantuan dari Bank Sinarmas yang bekerja sama dengan PT BPD. Untuk membantu cicilan pembayaran kios tanpa agunan dengan sistem bunga bank yang sangat kecil. 
Harga satu kios di Pasar Cilamaya dibanderol Rp. 21,5 juta/meter persegi. Rata-rata, luas kios yang masih tersedia disana yaitu ukuran 2,75 meter x 2,75 meter persegi. 
“Masih ada kios yang tersisa, bagi yang minat silahkan datang langsung ke Pasar Cilamaya Baru, kios bisa di beli secara on the spot disana,” jelasnya. 

Pantauan KBE di Pasar Cilamaya Baru, di sana terdapat sejumlah fasilitas umum yang sangat memadai. Mulai dari tempat parkir untuk mobil dan motor yang sangat luas dan dilengkapi sistem parkir yang baik. Hingga adanya fasilitas berupa taman dan sarana ibadah yang baik. 

Tak hanya itu, sistem pengelolaan sampah di Pasar Cilamaya Baru di klaim akan sangat efektif. Dengan TPS khusus yang sudah disediakan pihak pengelola. Sehingga tidak akan tercampur dengan sampah dari lingkungan sekitar pasar. 
Meski begitu, di sekeliling Pasar Cilamaya Baru masih nampak bangunan-bangunan PKL yang menghambat arus lalu lintas. Tak hanya itu, dagangan PKL yang tak tertata rapih itu. Membuat kesan kumuh di sekitar lokasi Pasar Cilamaya Baru. (wyd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here