Banyak Warga Berharap Dibangunkan Rumah Layak Huni

Kelurahan Mekarjati, di Kecamatan Karawang Barat, dicap sebagai wilayah tertinggal dari berbagai sektor pembangunan. Kelurahan yang dihuni lebih dari 13 ribu jiwa itu, kini tengah menyongsong masa depan yang lebih cerah, melalui program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS).

WAHYUDI, Karawang

Menerima cap sebagai wilayah tertinggal, dari 297 desa dan 12 kelurahan di 30 kecamatan se-Kabupaten Karawang, memicu semangat Pemkab Karawang, untuk mendukung percepatan pembangunan di wilayah tersebut.

“Salah satu upaya kami mendorong percepatan pembangunan di Kelurahan Mekarjati, yaitu menjadikannya tempat pelaksanaan P2WKSS tingkat Jawa Barat,” ungkap Bupati Karawang, Cellica Nurrcahadiana, dalam sambutannya, kemarin, (11/11).

Cellica mengatakan, melalui program P2WKSS tingkat Jawa Barat. Diprediksi akan mempercepat pembangunan di Kelurahan Mekarjati.

“Semua Dinas, OPD, perusahaan BUMN, BUMD bakal terlibat dalam peningkatan Kelurahan Mekarjati ini,” ujarnya.

Sementara, kepada KBE, Lurah Mekarjati, Karta Wijaya menuturkan, Kelurahan Mekarjati tertinggal dari berbagai sektor pembangunan.

Selain masih banyak lingkungan kumuh, karena menjamurnya rumah tidak layak huni (Rutilahu) dan buruknya sarana infrastruktur.

Kesadaran masyarakatnya tentang pentingnya pola hidup bersih, serta pendidikan anak usia dini yang masih minim, dianggap jadi pemicu ketertinggalan tersebut.

“Di Kelurahan Mekarjati, ada 901 Rutilahu. Hasil pendataan dengan DPRKP Karawang di tahun ini,” ungkapnya.

Karta menjelaskan, guyuran bantuan dari seluruh dinas dan OPD dianggap masih belum cukup, untuk menutup kawasan-kawasan kumuh di Kelurahan Mekarjati.

“Masih jauh, karena masih ada ratusan lagi rutilahu yang belum dibangun,” ucapnya.

“Kalau dari Pemda, satu tahun 4 Rutilahu. Untuk menutupi 901, harus menunggu berapa tahun?,” imbuhnya.

Ia berharap, ke depan setelah pelaksanaan program P2WKSS ini, ada program lanjutan dari Pemda Karawang. Supaya Kelurahan Mekarjati bisa mengejar ketertinggalan tersebut dengan secepat mungkin.

“Ini pemberian yang luar biasa, saya harap P2WKSS jangan putus sampai disini. Harus ada keberlanjutan program,” harapnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here