Seluruh Fraksi DPRD Jabar Kawal Pembentukan DOB Cikampek

KARAWANG– Seluruh Fraski di DPRD Jabar ternyata sudah setuju dan siap mengawal pemekaran Kabupaten Karawang dan beberapa daerah lain di Jawa Barat.
Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Bedi Budiman saat melakukan Kunjungan kerja (Kunker) dan meninjau kesiapan Calon Daerah Otonomi Baru Kota Cikampek sabtu 19 Desember 2020 di Aula Desa Cikampek Kota.
Kunker yang dipimpin Bedi Budiman bersama 10 anggota Komisi I dan 3 anggota DPRD dapil Jabar X dari seluruh fraksi, diterima oleh KPP DOB (Komite Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru) Kota Cikampek yang diketuai Jajat Munajat.
Dalam presentasinya, Jajat menyampaikan progres dan kendala yang dihadapi KPP DOB. Serta soal proposal usulan pembentukan Daerah Persiapan Kota Cikampek yang berisi persyaratan kewilayahan.
Disampaikan juga berita acara Musyawarah Desa calon cakupan wilayah Kota Cikampek yang terdiri dari 7 Kecamatan dan 75 desa. Semuanya, kata Jajat. telah disampaikan ke Bupati dan DPRD Karawang serta ke Gubernur dan Komisi I DPRD Jawa Barat.
Jajat juga berharap Pemkab Karawang segera melakukan persetujuan bersama Bupati dan DPRD dan memasukan pembentukan DOB kota Cikampek dalam RPJMD Karawang 2021-2026.
Bedi dan seluruh anggota DPRD yang mengikuti Kunker seperti Sabil Akbar, Sri Rahayu, Gus Ahad dan anggota Komisi I dari PDIP, Gerindra, PKS, PKB, PAN, PPP, Partai Golkar sepakat untuk mengawal dan mendorong pemekaran Daerah Otonomi Baru Kota Cikampek dan membantu kendala kendala KPP DOB.
Secara persaratan dasar dan potensi wilayah telah cukup layak. Pemekaran jangan sampai membuat Kabupaten induk kolaps, lanjut Bedi.
Kalau dilihat kasat mata dari paparan, PDRB kota Cikampek memenuhi syarat. Tapi kita akan kaji lebih dalam secara akademis dan meminta pada Pemprov melalui Biro Pemerintahan untuk memprioritas Kota Cikampek dan menganggarkan tahun 2021 untuk mengkajian, sambung Bedi.
Abdul Hadi atau Gus Ahad sebagai anggota Dewan dapil Karawang Purwakarta akan mendorong agar DOB Kota Cikampek masuk dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Provinsi dan Kabupaten. Insya Allah saya sebagai tim perumus revisi RPJMD Provinsi akan berjuang untuk pemekaran Kota Cikampek, ungkap Gus Ahad. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here