Musim Hujan Reda, Jalan Rusak Makin Panjang

0

KARAWANG– Selepes musim hujan dan banjir jalan rusak di Kabupaten Karawang makin banyak dan panjang ruasnya. Hampir di setiap kecamatan terdapat jalan rusak yang belum diperbaiki.
Pantauan KBE, jalan poros desa yang menghubungkan Desa Rawagempol Kulon dan Desa Sukatani, di Kecamatan Cilamaya Wetan misalnya kondisinya sudah sangat memperihatinkan. Padahal, jalan tersebut sudah berulang kali diajukan perbaikannya oleh pemerintah desa setempat. Namun hingga kini, belum juga ada realisasi dari dinas terkait.
Warga Desa Rawagempol Kulon, Anton Ade mengatakan, jalan tersebut sudah rusak lebih dari lima tahun lamanya. Rusaknya jalan Gembongan-Muarabaru itu, tak hanya mengganggu lalulintas masyarakat. Akan tetapi mempengaruhi harga padi, saat musim panen tiba.
“Akses yang sulit membuat ongkos angkut jadi mahal. Alhasil harga padi jadi jeblok,” ungkap Anton, yang juga petani di Desa Rawagempol Kulon, kemarin, (10/3/2020).
Hal senada diungkapkan Sandi, salah satu pelajar SMA yang sering melintasi jalan tersebut. Rusaknya akses jalan membuat para pelajar dan pengguna jalan sering jatuh di jalan tersebut.
“Harapannya supaya segera di perbaiki. Soalnya sudah lama sekali rusak. Seperti dibiarkan saja oleh pemerintah,” ucapnya.
Kepada KBE, Sekertaris Desa Rawagempol Kulon, Dedi mengungkapkan, jalan Gembongan-Muarabaru sejatinya adalah jalan kabupaten. Karena itu, wewenang Pemda Karawang untuk membangunnya.
Beberapa bulan yang lalu, ungkap Dedi, UPTD PUPR wilayah 3 Karawang sudah melakukan survey, menurut informasi yang ia dapat, perbaikan jalan tersebut akan dibangunkan tahun ini.
“Sudah pasti akan dibangun. Soalnya sudah di survey kemarin. Soal besaran anggaran dan kapan dibangunnya saya tidak tau. Karena itu adanya di UPTD PUPR yang kemarin survey,” ujarnya.
Saat dikonfirmasi, pelaksana pembangunan UPTD PUPR wilayah 3 Karawang, Ujang mengatakan, perbaikan jalan tersebut hanya tinggal menunggu waktu. Sesuai hasil survey, nantinya lebar jalan itu akan di buat 4,5 meter. Sementara untuk panjangnya masih belum menentu. Karena pihak UPTD PUPR masih menunggu konfirmasi hasil perhitungan anggaran.
“Sudah pasti itu dibangun tahun ini. Lebarnya 4,5 meter. Tapi panjangnya belum tau,” kata Ujang saat dihubungi via telepon.
“Bukan cuma jalan Gembongan-Muarabaru, di Desa Rawagempol Kulon juga pembangunan jalan Alanglanang-Pasirputih akan rampung tahun ini,” tegasnya. (wyd/shn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here