KARAWANG- PT Aditya Laksana Sejahtera (ALS) melayangkan gugatan wanprestasi terhadap Bupati Karawang,Cellica Nurrachadiana lantaran merasa keberatan atas dikeluarkannya surat teguran III Bupati Karawang tertanggal 19 November 2019 yang berisikan PT ALS telah menguasaai dan mengelola Pasar Cikampek I secara tidak sah dan pengelolaan akan diambilalih lagi oleh Pemkab Karawang.

Penasihat Hukum PT ALS, Muhammad Iqbal Salim menuturkan,  kliennya mengaku keberatan dengan adanya surat teguran itu. Terlebih dengan surat itu berisikan PT ALS telah menguasaai dan mengelola Pasar Cikampek I secara tidak sah. Padahal, kata dia,  putusan Mahkamah Agung RI N0.2976/pdt/2018 tidak ada amar putusan, lanjutnya, yang menyatakan PT ALS telah menguasai dan mengelola Pasar Cikampek I secara tidak sah.

“Maka dengan demikian putusan MA tersebut tidak dapat dijadikan dasar hukum bagi bupati Karawang untuk membuat atau menentukan kebijakan atau melakukan pemaksaan penghentian pengelolaan Pasar Cikampek I oleh PT ALS,” tutur Iqbal dalam surat keberatan yang dirilis Kantor Firma Hukum Iqbal & Rekan.

Terlebih, kata dia, Pemkab Karawang tidak melaksanakan pergantian uang ganti rugi pemutusan perjanjian kontrak investasi secara keseluruhan, sebagaimana dua perjanjian yang pernah disepakati pada 16 Februari 2015  dan 12 Maret 2015 lalu.

“Berdasarkan alasan-alasan tersebut, dan masih adanya gugatan dalam perkara, kiranya semua pihak kami harapkan untuk menahan diri. Tidak melakukan pemaksaan kehendak dengan cara sewenang-wenang dalam melakukan penghentian  pengelolaan  Pasar Cikampek I oleh PT ALS,” tuturnya.

“Sudilah kiranya Bupati Karawang membatalkan pelaksanaan  penghentian pengelolaan Pasar Cikampek I oleh PT ALS sampai adanya putusan pengadilan yang berkuatan hukum tetap dalam perkara perdata ini,” kata dia.

Sebagimana diketahui, PT ALS ditunjuk sebagai pengelola Pasar Cikampek I sejak Desember 2009. Setelah dikeluarkannya perjanjian investasi antara Pemkab Karawang denagan PT ALS bernomor 073/4445/Pemn.-Nomor:-1-PKS/ALS-PK/XII/09 dengan jangka waktu pengelolaan selama 25 tahun dengan pola Perjanjian Bangun Guna Serah  atau Build Operate Transfer (BOT).

Pada saat itu kesepakatan yang dibuat adalah Pemkab Karawang menyediakan lahan seluas 2,3 hektare, sedangkan PT ALS menyediakan biaya investasi untuk membangun sara dan prasarna pasar.

Pemkab Mau Ambil Alih

Sebelumnya, polemik pasar Cikampek 1 sudah mulai ada titik terang. Pemerintah Kabupaten Karawang akan melakukan eksekusi pasar Cikampek 1 yang hari ini masih dikuasai pengelolaannya oleh PT Aditya Laksana Sejahtera (ALS).

:Bupati akan melayangkan surat teguran ke 3, pekan depan kita akan eksekusi,” tegas Sekertaris Daerah Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri, Rabu (13/11/) lalu, usai rapat koordinasi dengan pihak kepolisian dan TNI di ruang rapat Sekertaris Daerah Karawang.

 Kata Acep, berdasarkan keputusan pengadilan Pemda tidak akan menunggu lagi dan langsung akan mengeksekusi. “Kita tidak akan menunggu lagi, langsung akan mengeksekusi, karena itu putusan pengadilan dan sudah inkrah, PT ALS harus keluar,”katanya.

 Kemudian kata Acep, jika pihak PT ALS ingin menggugat kembali dirinya mempersilahkan, yang jelas kata Acep, bahwa Pemda Karawang patuh terhadap putusan pengadilan.

 “Silahkan kalau mau menggugat, Pemda hanya patuh pada putusan pengadilan,”tegasnya

 Lanjut Acep, terkait lahan pasar Cikampek 1 itu adalah sertifikat hak guna bangun dan itu lahan milik Pemda Karawang. “Itu lahan Pemda,”tukasnya

 Untuk perjanjian kerjasama pihaknya nanti akan lihat kembali kerjasama dengan pihak PT Celebes. “Iya nanti kita akan adendum kembali,”pungkasnya.

 Hal yang sama juga disampaikan oleh Rahmat Gunadi Sekertaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karawang, eksekusi pasar Cikampek akan kangsung dIpimpin oleh Sekda Acep Jamhuri langsung setelah bupati melayangkan surat teguran ketiga kepada PT ALS.

 “Eksekusi pasar Cikampek 1 nanti langsung di pimpin oleh Sekda Acep,” katanya. “Kita akan bentuk tim dari Kepolisian, Dandim, dan Satpol PP, untuk mengeksekusi pasar Cimapek 1,” timpalnya. (bbs/kbe/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here