SEMPROT MENDADAK: Petugas Gabungan menyemprot Jalan Protokol di Kota Karawang dengan 10 ribu liter disinfektan.

Jalan Protokol Mendadak Dihujani 10 Ribu Liter Disinfektan

Untuk mencegah penyebaran covid-19, Jalan protokol di Karawang mendadak dihujani cairan disinfektan. Menggunakan water cannon, petugas gabungan menyemprotkan 10 ribu liter cairan disinfektan di sepanjang jalan.


ARIE FIRMANSYAHKarawang

Pantauan di lapangan, sejumlah pengendara yang melintas kaget saat dihujani cairan disinfektan. Begitupun dengan para pedagang yang sedang mangkal, mereka tak luput dari semburan. Sebab petugas mengarahkan selang ke semua arah.
Selain mengguyur cairan disinfektan, masyarakat juga mendapat imbauan dari petugas perempuan melalui pengeras suara. Menggunakan mobil, petugas itu ikut iring-iringan.
“Mudah-mudahan hal ini bisa menekan penyebaran virus corona,” kata Dandim 0604 Karawang, Letkol Infanteri Medi Hariyo Wibowo kepada wartawan, Senin (23/3).
Lanjut Medi, selain menyemprot jalan protokol, petugas juga akan mengguyur berbagai tempat publik hari ini. Ia memastikan penyemprotan dilakukan secara merata.
“Kami akan semprot juga daerah pasar, mall, taman dan tempat public lainnya. Intinya tempat berkumpul manusia semua disemprot termasuk rumah sakit,” ungkapnya.
Namun rupanya penyemprotan cairan disinfektan itu hanya sebatas di daerah perkotaan. Daerah pelosok dan pedesaan seperti pesisir dan pegunungan di Karawang selatan belum tersentuh. Pemkab mengimbau warga di daerah melakukan pencegahan secara mandiri.
“Penyemprotan disinfektan di tingkat desa dan kecamatan bisa dilakukan mandiri. Kami sudah berikan cara petunjuk membuat cairan disinfektan menggunakan bahan yang ditemui sehari-hari,” kata Nurdin, Plt Kepala Dinas Kesehatan Karawang saat ditemui saat persiapan penyemprotan massal.
Nurdin menuturkan, masyarakat pedesaan bisa membuat cairan disinfektan sendiri bahannya yaitu cairan anti hama, cairan spray setrika hingga bahan alami seperti daun sereh.
“Karena kalau mengandalkan pemerintah, pasti tidak akan mencukupi semuanya,” ujar Nurdin. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here