KOLABORASI: Pemdes Talagasari, Kecamatan Talagasari melakukan kolaborasi dengan Kopsyah BMI agar masyarakat tidak terjerat bank emok.

KARAWANG- Pemdes Talagasari, Kecamatan Talagasari melakukan kolaborasi dengan Kopsyah BMI agar masyarakat tidak terjerat bank emok. Pemdes menggaet Koperasi Syariah BMI dalam upaya memberi edukasi juga pendampingan usaha kepada warganya.
Sekretaris Desa Telagasari Agus Afandi mengatakan, agenda ini dalam rangka upaya pencegahan, agar masyarakat tersadarkan berapa ruginya ketika meminjam kepada bank emok. 
“Alhamdulillah ada temen temen Kopsyah BMI yang mau memberikan edukasi masyarakat, hemat kami minimal mereka melakukan pinjaman produktif, ” ujar Agus kepada KBE, rabu (16/3/2022). 
Manager Koperasi BMI Imam mengatakan, pihaknya sebelum melakukan sosialisasi kepada masyarakat, sudah terelbih dahulu sosialisasi kepada pemerintah desa. Yang menarik di Kopsyah BMI, kata dia, masyarakat juga diberikakan edukasi pelatihan dan pembinaan tentang usaha.
 “Sebelumnya meminta izin dateng ke kecamatan dan desa melakukan sosilisasi mengenalkan koperasi, setalah itu ke RT/RW mengenal masyarakat, sebelum pencairan ada pendidikan tentang koperasi. Setelah itu pembinaan tentang usaha dan pelatihan, ” ujar Imam. 
Disinggung mengenai soal memerangi bank emok, Imam sendiri mengatakan yang terpenting masyarakat diberikan pemahaman jangan sampai setiap ada yang memberikan pinjaman asal pinjam saja, yang akhirnya merugikan mereka.
“Artinya dengan ada BMI yang lebih baik, kita menyerahkan kepada masyarakat, yang terpenting jangan sampai ada pinjaman masyarakat ambil,” pungkasnya. (cr1/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here