Pilkades Tunggu Hasil Riksus

0

KARAWANG – Meskipun tahapan Pilkades angkatan 177 masih belum jelas. Namun, seluruh kades petahana yang bakal kembali maju dalam Pilkades tahun depan. Diwajibkan untuk segera menyelesaikan Laporan Penyelenggaran Pemerintahan Desa (LPPD) akhir masa jabatan, dalam pemeriksaan khusus (Riksus), yang bakal dilakukan Inspektorat Karawang Oktober 2020 besok.
Sesuai regulasi yang berlaku. Salah satu syarat untuk calon kades petahana kembali maju dalam Pilkades. Diantaranya, harus lolos dalam Riksus Inspektorat. Serta menyelesaikan LPPD akhir masa jabatan dengan seluruh SPJ. Untuk kemudian mendapat izin bupati, agar bisa kembali melenggang di Pilkades tahun 2021 yang akan datang.
Menjelang Riksus itu, Pemerintah Kecamatan Cilamaya Wetan, melalui Kasie Pemerintahan. Dalam dua pekan terakhir, sudah mewanti-wanti para calon kepala desa petahana. Agar mulai menggarap dan menyelesaikan LPPD sebelum Oktober 2020.
“Laporan dari Riksus ini, akan menjadi dasar bagi para kepala desa petahana untuk memperoleh izin bupati. Karena jika tidak, mereka tidak bisa maju dalam Pilkades,” ungkap Kasie Pemerintahan Kecamatan Cilamaya Wetan, Nurhasan, kepada KBE, Rabu, (9/9) di ruang kerjanya.
Nurhasan menjelaskan, di Kecamatan Cilamaya Wetan, tahun 2021 nanti, ada 4 kepala desa yang akan habis masa jabatannya. Diantaranya, Desa Cilamaya, Cikalong, Muara, dan Rawagempol Wetan.
Nurhasan mengingatkan, agar para kepala desa petahana yang bakal kembali maju. Untuk mempersiapkan Riksus sedini mungkin. Karena tak jarang, dalam pemeriksaan LPPD itu. Selalu ada temuan yang berhubungan dengan administrasi.
“Biasanya soal pajak itu selalu jadi temuan. Memang tidak banyak. Kisaran Rp. 10 juta hingga Rp. 20 jutaan rata-rata temuan itu. Tapi kalau bisa lebih sempurna, kenapa tidak?,” ungkapnya.
Sebenarnya, lanjut dia, Riksus ini bukanlah suatu yang menakutkan bagi kepala desa. Pasalnya, kegiatan ini hanya sebagai penegasan dan pemeriksaan lanjutan. Mengingat, setiap tahun para kepala desa itu memang selalu di periksa.
“Tapi jika Riksus tidak dipersiapkan dengan serius. Calon petahana ini bukan akan kalah melawan musuh. Tapi akan kalah melawan dirinya sendiri. Karena, jika tak dapat izin bupati. Ia tak bisa maju Pilkades,” tegasnya.
“Jadi jangan sampai kalah sebelum bertanding. Persiapkan segala sesuatunya dengan baik. Agar bisa kembali maju di Pilkades tahun depan,” imbaunya. (wyd/rie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here