PLKB Telagasari Promosi MKJP

0

Ajak Warga Desa jadi Keluarga Berencana

KARAWANG – Suksesnya program pengendalian penduduk dan keluarga berencana di Kabupaten Karawang. Tak bisa lepas dari peran para Penyuluh Lapangan KB (PLKB) yang setiap hari melakukan edukasi tentang pentingnya program KB pada masyarakat.
Untuk mensukseskan program Bangga Kencana, para PLKB di Kecamatan Telagasari. Gencar melakukan Komunikasi, Edukasi, dan Informasi (KIE) kepada masyarakat desa disana. Para penyuluh KB disana, bisa seharian penuh melakukan sosialisasi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Agar masyarakat paham dan mau ikut program KB.
Koordinator PPKB Kecamatan Telagasari, Ade Heryanah menuturkan, mengajak warga untuk ikut dalam program KB bukan sebuah perkara mudah. Perlu kesabaran ekstra dan ketelatenan, untuk membuat warga paham dan mau untuk ber-KB.
“Kita selalu rutin melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya program KB,” ujar Ade kepada KBE, senin (22/2/2021).
Selain kampanye program Bangga Kencana, kata Ade, para PLKB di Kecamatan Telagasari juga rutin membantu kegiatan Puskesmas, Posyandu, Bidan Desa, dan kegiatan masyarakat lainnya. Bahkan, mereka juga turut membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat seputar Covid-19.
“Selain aktif melakukan edukasi di lingkungan masyarakat. Kita juga manfaatkan media sosial untuk kampanye Program Bangga Kencana,” tandasnya.
Sementara, PLKB Desa Ciwulan, Kecamatan Jatisari, Iim Rohiman menambahkan, di tahun 2021 ini. Selain membantu BKKBN dalam mensukseskan program KB. Petugas lapangan KB juga akan disibukan dengan Pendataan Keluarga tahun 2021 (PK21).
Program ini, kata Iim, bakal berlangsung sepanjang April 2021. Ia berharap, warga Karawang ikut andil dalam mensukseskan program PK21 mendatang.
“Tujuan dari PK21 ini untuk mengetahui data-data keluarga di Karawang. Nantinya, data itu akan dimanfaatkan pemerintah untuk perencanaan, intervensi program KB, dan pengendalian penduduk,” paparnya. (wyd/rie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here