POPDA JABAR: Kabid Pemuda dan Olahraga, Jaeni (kiri) didampingi Kasi Olahraga, Heri Suryana menyampaikan gelaran Popda Jabar 2021 kembali batal digelar.

Bidang PO Minta Atlet Pelajar Karawang Tetap Semangat Sambut Popnas

KARAWANG – Pandemi covid-19 kembali mempengaruhi gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jawa Barat. Hajatan olahraga antar pelajar dua tahunan yang rencananya akan digelar pada Juli 2021 kembali batal digelar dan akan dilaksanakan pada 2023.

“Betul, gelaran Popda kembali batal digelar Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat. Setelah sebelumnya Popda 2020 dibatalkan dan diundur ke 2021, kini Popda 2021 kembali dibatalkan dan akan digelar pada 2023 mendatang,” ujar Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang, Jaeni, kepada KBE, Minggu (3/1/2021).

Kepastian dibatalkannya Popda 2021, jelas Jaeni, setelah keluarnya surat edaran Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat tanggal 28 Desember 2020 tentang Pembatalan Kegiatan Popda Jawa Barat tahun 2021.

“Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa alasan pembatalan Popda karena situasi penyebaran covid-19 hingga sampai saat ini belum dapat dipastikan kapan akan berakhir, serta efisiensi anggaran Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat untuk pencegahan dan penanggulangan covid-19 pada tahun 2021,” jelasnya.

Kendati Popda telah resmi dibatalkan, Jaeni meminta seluruh atlet pelajar Karawang tetap semangat berlatih. Pasalnya, Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat berencana akan melakukan seleksi khusus kepada atlet pelajar di Jawa Barat untuk dipersiapkan berlaga di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2021.

“Karena Popda batal digelar, maka atlet yang akan dikirimkan kontingen Jawa Barat ke Popnas akan direkrut dari seleksi khusus. Nantinya atlet-atlet yang dinilai berkualitas akan dipanggil untuk mengikuti seleksi. Karawang tentunya memiliki potensi besar atlet-atlet pelajarnya banyak yang terpanggil, karena di Popwilda (Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Daerah) 2019 Karawang mampu keluar sebagai juara umum. Terlebih cabor yang tidak dipertandingkan di Popwilda 2019 juga memiliki banyak atlet bagus seperti judo dan lainnya,” katanya.

Untuk diketahui, dalam surat edaran pembatalan kegiatan Popda Jawa Barat 2021 juga dijelaskan, penyelenggaraan Popwilda Jawa Barat yang merupakan babak kualifikasi Popda akan dilaksanakan pada 2022. (ayi/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here