PEMBINAAN : PLKB Kota Baru lakukan pembinaan pada remaja desa guna mencegah terjadinya pernikahan dini.

KARAWANG – Sebanyak 35 orang remaja di Desa Wancimekar, Kecamatan Kota Baru, antusias mengikuti jalannya pembinaan Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) oleh Satpel PPKB Kota Baru, di Majelis Ta’lim Al Muhajirin, Rabu (24/02/2021) kemarin.
Pembinaan yang bertujuan mencegah maraknya praktik pernikahan dini itu. Dianggap sangat penting untuk rutin disosialisasikan kepada para remaja desa. Agar mencegah terjadinya masalah besar ketika sudah berkeluarga.
Koordinator PPKB Kecamatan Kota Baru, Euis Lela melalui PLKB-nya, Rusdiana mengatakan, para remaja desa ini. Selama dua setengah jam di gembleng tentang pengetahuan kesehatan alat reproduksi, mental dan psikologis, juga banyak hal lain seputar PUP.
“Pembinaan PUP bagi remaja sangat penting. Berkaca dari fenomena sekarang, banyak sekali gerakan-gerakan yang mengusung nikah muda. Sehingga banyak remaja yang tertarik padahal belum memiliki banyak persiapan,” ungkapnya.
Sementara, salah satu praktisi kesehatan di Kecamatan Kota Baru, Rini Suryani menambahkan, dengan pembekalan materi PUP ini. Diharapkan para pemuda dan pemudi desa ini memahami. Betapa pentingnya menikah di waktu dan usia yang tepat.
Tujuan dari kegiatan ini, kata dia, untuk mencegah meningkatnya angka perceraian di Kabupaten Karawang, yang diakibatkan dari pernikahan usia dini. “Setelah kegiatan ini, mudahan-mudahan membuka wawasan remaja tentang pentingnya pendewasaan usia perkawinan,” ujar Rini.
“Jangan sampai, ada yang menikah tanpa ada persiapan. Baik dari segi ekonomi, mental, kesehatan, sosial, psikologi, dan lain-lain,” pungkasnya. (wyd/rie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here