KARAWANG – Gerai McDonal’s di daerah Karawang penuh sesak dengan driver ojol. Sejak pagi hari, puluhan orang berseragam hijau sudah kumpul di depan kasir Mcd. Semua pesan makanan yang sama. Yaitu promo BTS Meal yang dibuka perdana pada hari itu.
Fanatisme fans BTS atau yang lebih dikenal dengan ARMY, memang tak perlu diragukan lagi. Mereka sudah pasti akan membeli semua produk yang ada wajah Kim Taehyung dan kawan-kawan di dalamnya. Strategi ini yang mungkin dimanfaatkan oleh McDonla’s untuk meraup untung. Buktinya, di sejumlah daerah di Indonesia kemarin. Penuh sesak dengan Kerumunan driver ojol. Termasuk di Karawang.
Bahkan, kerumunan yang terjadi di Mcd Galuh Mas dan Mcd Grand Taruma Karawang. Menyulut amarah Gugus Tugas Covid-19 di Karawang. Dengan tegas, tim satgas membubarkan kerumunan driver ojol. Yang nampak sudah saling dorong untuk berebut tempat di depan kasir.
“Kami tidak menoleransi setiap kerumunan selama masih pandemi Covid-19. Kita sudah meminta pengelola restoran agar membubarkan massa jika sudah melampaui kapasitas. Hari ini laporan dari tim sudah dibubarkan,” ujar Wakil Ketua Satgas Covid-19 Karawang, Letkol Inf Medi Hario Wibowo. Rabu, (9/6/2021) kemarin.
Letkol Medi yang juga menjabat Dandim 0604 Karawang tak mau ambil resiko. Ia tak ingin, promo BTS Meal ini justru jadi cluster baru penularan Covid-19 di Karawang. Karena pertimbangan itu, pihaknya dengan cepat datang ke lokasi. Setelah menerima laporan masyarkat, tentang asanya kerumunan tersebut.
“Kami bubarkan demi kebaikan semua orang. Jadi harap maklum jika kami bertindak tegas,” kata Letkol Medi.
Promo BTS Meal merupakan produk kerja sama Mcd dengan management Boyband asal Korea Selatan, BTS. Isi dari paket seharga Rp. 50 ribu itu, umunya sama saja dengan snack atau makanan ringan cepat saji pada umumnya.
Bedanya, dalam paket Promo BTS Meal. Pihak Mcd menyediakan foto personel BTS yang terdiri dari Suga BTS, RM BTS, Jin BTS, J-Hope BTS, Jimin BTS, Jungkook BTS, dan Kim Tae Hyung atau yang dikenal dengan nama panggung V BTS.
Wajah oriental khas cowo Korea itu, rupanya sangat ampuh untuk ladang promosi. Buktinya, para kasir Mcd se-Indonesia mengaku sangat kewalahan di hari perdana peluncuran Promo BTS Meal itu. Seperti diungkapkan salah satu kasir Mcd di Karawang, Rizki Basuki. Kata dia, puluhan ojek online sudah berdesakan sejak pagi buta. Sejak jam pertama Mcd mulai beroperasi.
Semakin siang, kata dia, bukannya berkurang, jumlah driver ojol yang antre justru tambah banyak. Tak hanya itu, jumlah pesanan mereka juga sangat banyak. Satu driver ojol rata-rata memesan 3 sampai 5 paket promo BTS Meal.

“Kami sangat berusaha untuk mematuhi protokol kesehatan, yang tidak pakai masker dipersilahkan keluar. Tapi kerumunan tidak bisa dihindarkan, makin siang makin ramai,” kata Rizki.
Salah satu driver ojol yang mendapat order BTS Meal, Umar Faruk mengatakan, dia sudah antre hampir 2 jam untuk memenuhi pesanan customernya. Yaitu 3 paket MCD Meal.
Beruntung, sebut Umar, customernya tidak membatalkan pesanan. Meski sudah menunggu selama dua jam. Pasalnya, saat ia datang ke lokasi restoran. Disana sudah penuh sesak oleh puluhan ojol memesan produk yang sama.
“Baru pertama saya terima pesanan order kaya begini. Antrenya hampir dua jam, ini juga masih panjang,” keluhnya.
Meski begitu, lanjut Umar, customer dia yang merupakan fans BTS sangat baik. Mereka rela menunggu lama bahkan memberi driver uang tip. Demi paket BTS Meal yang mereka pesan.
“Alhamdulillah, saya dijanjikan dapat uang tips,” katanya.
Di sisi lain, salah satu ARMY Karawang, Khansa Komara mengungkapkan, sebagai fans BTS, dirinya dan jutaan orang lain di dunia. Akan selalu mendukung idola mereka yang bekerja sama dengan brand apa pun.
Membludaknya pembeli BTS Meal di seluruh Indonesia. Tak lain merupakan bentuk dukungan dan kecintaan mereka terhadap Boyband yang digawangi Kim Tae Hyung dan kawan-kawan itu.
“Pesan BTS Meal lewat ojol, nyari ojol-nya itu susah. Begitu udah dapet nunggunya sekitar satu jam,” kata Khansa saat diwawancara via telepon.
“Tapi ga masalah, ini merupakan bentuk dukungan kita sama idola kita,” katanya. (bbs/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here