KARAWANG- Setelah sempat tertunda akibat Pilkada serentak tahun 2020. Lima orang pejabat eselon ll hasil Open Bidding di Karawang, akhirnya dilantik oleh Bupati.
Kelima pejabat itu, diantaranya Wahidin yang dilantik jadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), Endang Suryadi yang menjadi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Ridwan Salam menjadi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), Sofiah dilantik menjadi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) dan Suwandi dilantik menjadi Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik. 
Dari enam jabatan kepala dinas yang dilelang. Hanya Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil) yang masih tertunda waktu pelantikannya. Pasalnya, posisi Kadisdukcatpil ditentukan langsung oleh Mentri Dalam Negri. Melalui seleksi Ditjen Pencatatan Sipil. 
Dalam sambutannya, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengatakan, pelantikan ke lima pejabat hasil Open Bidding ini. Merupakan pelantikan pertama di era kepemimpinan Cellica-Aep. 
Cellica mengungkapkan, pelantikan 5 orang pejabat ini bisa terlaksana. Setelah mendapatkan izin dari Kemendagri dan Gubernur Jawa Barat. 
“Proses Open Bidding ini sudah dilakukan sejak tahun 2020. Namun karena terkendala prosedur, proses pelantikan baru bisa dilakukan hari ini,” ungkap Cellica, Jumat, (28/5/2021).
Cellica mengungkapkan, sebenarnya tahun 2020 itu ada enam jabatan yang dilelang. Namun, pelantikan Kadisdukcatpil terpaksa harus ditunda. Sampai dengan proses seleksi di Kementrian Dalam Negeri selesai. 
“Karena ini merupakan kewenangan Mendagri, setelah melalui proses seleksi lanjutan di Ditjen Pencatatan Sipil,” ujarnya. 
Setelah melantik lima pejabat tinggi pratama. Cellica mengungkapkan, masih ada sekitar 6 posisi eselon ll yang masih kosong. Karena itu, dalam waktu dekat. Pemkab Karawang berencana untuk kembali melakukan Open Bidding. Guna mengisi kekosongan kursi pemimpin di sejumlah organisasi perangkat daerah di Karawang. 
“Ada enam lagi yang masih kosong, DPMD, Perpustakaan, Bapenda, Asda satu, Staf Ahli, dan DKP (Kelautan dan Perikanan,red),” kata Cellica yang didampingi Setda Karawang, Acep Jamhuri.
“Open Biddingnya akan segera, ke BKPSDM sudah kita ajukan sih. Open Bidding dulu, pelantikannya nanti,” timpalnya. 
Data yang behasil KBE himpun, hasil seleksi terbuka yang dilakukan oleh panitia seleksi telah dilaporkan ke KASN. Serta telah mendapat rekomendasi melalui surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B 2361/KASN/08/2020 yang ditetapkan pada 18 Agustus 2020. Perihal rekomendasi hasil seleksi terbuka JPT Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang.
Selain lima pejabat eselon II, Bupati Cellica juga mengukuhkan sebanyak 45 orang pejabat pimpinan tinggi (PPT) pratama, yang terdiri dari pejabat administrator dan pejabat pengawas di lingkunganSekretariat Daerah (Setda). (bbs/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here